PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO VISUAL DALAM PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS XI MIA SMAN 3 SOLOK SELATAN

Meldo, Oren Purnama and Wince, Hendri and Lisa, Tavriyanti (2015) PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO VISUAL DALAM PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS XI MIA SMAN 3 SOLOK SELATAN. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
21. SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh penggunaan media pembelajaran audio visual terhadap hasil belajar biologi siswa kelas XI.MIA SMA Negeri 3 Solok Selatan. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan rancangan randomized control only design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI.MIA SMA Negeri 3 Solok Selatan yang terdiri dari 4 kelas. Teknik pengambilan sampel dengan cara purposive sampling dan penetapan kelas eksperimen dan kelas kontrolmelalui teknik undian, maka ditetapkan kelas eksperimen adalah kelas XI.MIA.3 dengan jumlah siswa 27 orang dan kelas kontrol adalah kelas XI.MIA.4 dengan jumlah siswa 32 orang. Dari hasil penelitian dapat dilihat thitung (1,34) > ttabel (0,77) dengan demikian H0 ditolak dan H1 diterima. Oleh karena itu, hipotesis yang diajukan dapat diterima dengan taraf nyata 0,05. Berarti penggunaan media pembelajaran audio visual dalam pembelajaran kooperatif tipe group investigation berpengaruh positif terhadap hasil belajar biologi siswa kelas XI.MIA SMA Negeri 3 Solok Selatan. Nilai ratarata tes akhir kelas eksperimen terbukti lebih tinggi (74,44) dibandingkan dengan nilai rata-rata tes akhir kelas kontrol (70,31). Adapun nilai rata-rata afektif dan psikomotor kelas eksperimen, afektif (88,23) dan psikomotor (86,17) lebih tinggi dibandingkan dengan nilai rata-rata afektif dan psikomotor kelas kontrol, afektif (83,96) dan psikomotor (83,40). Pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran audio visual dalam pembelajaran kooperatif tipe group investigation supaya dapat divariasikan dengan strategi pembelajaran yang menyenangkan. Kata kunci : Audio Visual, Pembelajaran Kooperatif Tipe GI, Hasil Belajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Erlya Wahyuni
Date Deposited: 02 Jul 2024 03:15
Last Modified: 02 Jul 2024 03:15
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/20722

Actions (login required)

View Item View Item