Pengembangan Modul Berbasis Saintifik Model Discovery Learning pada Materi Sistem Ekskresi Manusia untuk Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Lembah Gumanti

Gilang, Kurniawan and Azrita, Azrita and Nawir, Muhar (2015) Pengembangan Modul Berbasis Saintifik Model Discovery Learning pada Materi Sistem Ekskresi Manusia untuk Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Lembah Gumanti. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
25. Skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul berbasis saintifik model discovery learning pada materi Sistem Ekskresi manusia yang valid dan praktis. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang menggunakan tiga tahap dari 4-D model, yaitu define (pendefenisian), design (perancangan) dan develop (pengembangan). Modul berbasis saintifik model discovery learning ini divalidasi oleh 3 orang validator, yaitu 1 orang dosen Anatomi Fisiologi manusia, 1 orang dosen Media Pembelajaran dan 1 orang dosen Ilmu Kependidikan, sedangkan untuk uji praktikalitas dilakukan kepada 2 orang guru biologi dan 75 orang siswa kelas XI Sains SMA Negeri 1 Lembah Gumanti. Data penelitian ini merupakan data primer yang diperoleh dari angket validitas dan praktikalitas. Data dianalisis dengan analisis deskriptif menggunakan rumus persentase. Dari penelitian ini dihasilkan modul berbasis saintifik model discovery learning pada materi Sistem Ekskresi manusia untuk siswa kelas XI SMA Negeri 1 Lembah Gumanti. Modul yang dihasilkan mendapatkan nilai validitas sebesar 95,55% dengan kategori sangat valid, baik dari syarat kelayakan isi, komponen kebahasaan, komponen penyajian maupun komponen kegrafikan. Modul berbasis saintifik model discovery learning yang dihasilkan memperoleh nilai praktikalitas dari guru sebesar 98,81% dengan kriteria sangat praktis dan dari siswa sebesar 98,19% dengan kategori sangat praktis, baik dari aspek kemudahan penggunaan, efisiensi waktu maupun manfaat. Selain itu pada uji efektifitas penggunaan modul berbasis saintifik model discovery learning oleh siswa didapatkan nilai rata-rata sebesar 91,36. Dengan demikian, modul berbasis saintifik model discovery learning pada materi Sistem Ekskresi manusia untuk siswa kelas XI SMA Negeri 1 Lembah Gumanti dinyatakan sangat valid, sangat praktis dan layak untuk digunakan sebagai sumber belajar oleh siswa. Kata Kunci: Modul, berbasis saintifik, model discovery learning, sistem ekskresi valid, praktis dan layak.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Erlya Wahyuni
Date Deposited: 02 Jul 2024 06:50
Last Modified: 02 Jul 2024 06:50
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/20725

Actions (login required)

View Item View Item