PENGEMBANGAN HANDOUT DILENGKAPI DENGAN TEKA-TEKI SILANG PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI MATERI SISTEM EKSKRESI DI MAN 1 MUARA BUNGO

Muhamad Rozi, Afrianto and Gusmaweti, Gusmaweti and Wince, Hendri (2015) PENGEMBANGAN HANDOUT DILENGKAPI DENGAN TEKA-TEKI SILANG PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI MATERI SISTEM EKSKRESI DI MAN 1 MUARA BUNGO. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
26. SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (31MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar berupa handout dilengkapi dengan teka-teki silang pada pembelajaran biologi siswa kelas XI MIA MAN 1 Muara Bungo Kabupaten Bungo. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang dikembangkan menggunakan tiga tahap dari 4-D Model , yaitu tahap define (pendefinisian), desain (perancangan), dan develop (pengembangan). Handout yang dikembangkan divalidasi oleh 3(tiga) orang validator dosen dan guru, dan untuk praktikalitas dilakukan oleh 1(satu) orang guru mata pelajaran biologi dan 33 orang siswa kelas XI MIA MAN 1 Muara Bungo Kabupaten Bungo. Data penelitian ini merupakan data primer yang diperoleh dari angket validitas dan praktikalitas, kemudian data dianalisis dengan analisis deskriptif. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, dihasilkan handout dengan uji validitas dari dosen dan guru sebesar 93,00 % dengan kriteria sangat valid. Uji praktikalitas handout dari guru sebesar 90,60% dengan kriteria sangat praktis dan praktikalitas handout dari siswa sebesar 90,58% dengan kriteria sangat praktis. sedangkan nilai efektifitas penggunaan handout ini yaitu 96,66 dengan kriteria sangat baik. Kriteria bahan ajar berupa handout dilengkapi dengan teka-teki silang pada pembelajaran biologi siswa kelas XI MIA MAN 1 Muara Bungo, Kabupaten Bungo adalah sangat valid dan sangat praktis dalam arti handout yang dikembangkan mudah digunakan, bermanfaat dan waktu pembelajaran menjadi lebih efisien. Kata Kunci : Handout, Teka-teki silang, Valid dan Praktis.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Erlya Wahyuni
Date Deposited: 02 Jul 2024 07:24
Last Modified: 02 Jul 2024 07:24
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/20726

Actions (login required)

View Item View Item