PENGEMBANGAN MODUL DILENGKAPI WINDOW ZOOMING PADA MATERI FOTOSINTESIS UNTUK SISWA KELAS VIII DI SMPN 21 TEBO, JAMBI

Usman, Andrianto and Wince, Hendri and Lisa, Deswati (2015) PENGEMBANGAN MODUL DILENGKAPI WINDOW ZOOMING PADA MATERI FOTOSINTESIS UNTUK SISWA KELAS VIII DI SMPN 21 TEBO, JAMBI. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
29. skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui validitas dan praktikalitas Modul dilengkapi Window Zooming yang dihasilkan (2) menghasilkan Modul dilengkapi Window Zooming pada materi fotosintesis untuk kelas VIII SMP N 21 Tebo, Jambi. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan jumlah sampel sebanyak 32 siswa. Penelitian pengembangan ini menggunakan tiga tahap dari 4-D Model, yaitu tahap define (pendefinisian), desain (perancangan), dan develop (pengembangan). Modul yang dikembangkan divalidasi oleh 2 orang dosen, sedangkan untuk praktikalitas dilakukan oleh 2 orang guru mata pelajaran biologi dan 32 orang siswa kelas VIII SMP N 21 Tebo, Jambi. Data penelitian ini merupakan data primer yang diperoleh dari angket validitas dan praktikalitas, kemudian data dianalisis dengan analisis deskriptif. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, dihasilkan Modul dengan uji validitas dari dosen sebesar 93,94 % dengan kriteria sangat valid. Uji praktikalitas Modul dari guru sebesar 85,38% dengan kriteria praktis sedangkan praktikalitas Modul dari siswa sebesar 85,60% dengan kriteria praktis. Dari hasil penelitian Modul dilengkapi Window Zooming untuk siswa kelas VIII SMP N 21 Tebo, Jambi adalah sangat valid dan praktis. Kata Kunci : Modul, Window Zooming, Validitas dan Praktikalitas

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Erlya Wahyuni
Date Deposited: 02 Jul 2024 07:49
Last Modified: 02 Jul 2024 07:49
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/20729

Actions (login required)

View Item View Item