HUBUNGAN DISIPLIN BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS XI MIA SMA N 1 2x11 KAYU TANAM

Ayu Lestia, Ningsih and Wince, Hendri and Azrita, Azrita (2015) HUBUNGAN DISIPLIN BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS XI MIA SMA N 1 2x11 KAYU TANAM. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
31.SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan disiplin belajar dengan hasil belajar biologi siswa kelas XI MIA SMA N 1 2x11 Kayu Tanam. Penelitian ini bersifat deskriptif dengan sampel 74 siswa. Variabel penelitian ini adalah disiplin belajar sebagai variabel X dan hasil belajar sebagai variabel Y. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah Random Sampling. Data penelitian ini terdiri dari data primer (disiplin belajar) dan data sekunder (hasil belajar biologi) yaitu nilai ulangan harian 1 semester 2, dengan analisis data menggunakan rumus korelasi Product Moment. Dari hasil penelitian terlihat bahwa terdapat hubungan yang kuat antara hasil belajar dengan sub variabel ketaatan terhadap kegiatan belajar di sekolah/di kelas dengan nilai r = 0,632, sementara itu terdapat hubungan dengan kategori sedang pada sub variabel ketaatan terhadap tata tertib di sekolah dengan nilai r = 0,577, ketaatan terhadap tata tertib ujian dengan nilai r = 0,477, ketaatan dalam mengerjakan tugas/PR dengan nilai r = 0,434, dan ketaatan terhadap kegiatan belajar di rumah dengan nilai r = 0,432. Secara keseluruhan terdapat hubungan yang positif antara disiplin belajar dengan hasil belajar biologi siswa kelas XI MIA SMA N 1 2x11 Kayu Tanam dengan nilai r = 0,794. Kata Kunci : Hubungan, disiplin, pembelajaran, hasil belajar

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Erlya Wahyuni
Date Deposited: 02 Jul 2024 08:02
Last Modified: 02 Jul 2024 08:02
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/20731

Actions (login required)

View Item View Item