PENERAPAN GOOD MANUFACTURING PRACTICES (GMP) PADA PROSES PENGOLAHAN STEAK TUNA (Thunnus albacares) BEKU di PT. TRIDAYA ERAMINA BAHARI

Nurul, Jannah and Yusra, Yusra (2024) PENERAPAN GOOD MANUFACTURING PRACTICES (GMP) PADA PROSES PENGOLAHAN STEAK TUNA (Thunnus albacares) BEKU di PT. TRIDAYA ERAMINA BAHARI. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
COVER, HALAMAN PENGESAHAN, ABSTRAK, DAFTAR ISI, dan BAB PENDAHULUAN.pdf

Download (963kB)
[img] Text
BAB KESIMPULAN, SARAN dan DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (432kB)
[img] Text
SKRIPSI FULL TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Pengelolaan produk pada PT. Tridaya Eramina Bahari dengan teknik konvensional menyebabkan higienitas produk berada pada kategori relatif buruk, dan keamanan produk yang belum terjamin. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana PT. Tridaya Eramina Bahari menerapkan Good Manufacturing Practices (GMP) pada pembuatan steak tuna beku (Thunnus albacares). Penelitian ini menggunakan metodologi deskriptif dengan observasi dan survei, menggunakan kuesioner dan wawancara kepada pemilik usaha pengolahan ikan PT. Tridaya Eramina Bahari. Berdasarkan penelitian yang dilakukan proses pengolahan steak tuna (Thunnus albacares) menerapkan langkah-langkah berikut dalam pemrosesan steak tuna beku (Thunnus albacares) yang sesuai dengan GMP di PT. Tridaya Eramina Bahari menerima, menilai 1, menimbang 1, melapisi, memotong tanpa tulang, memotong, kurus, menimbang II, mencuci, mendulang, membekukan, mengkilap, memotong steak / saku / porsi, membungkus, kemasan steak / saku / porsi yang dikemas vakum, pinggang, pemeriksaan akhir, penimbangan II, pengepakan, pelabelan, penyimpanan II, mesin detektor logam, isian, dan Pengemasan Bahan Baku. Hasil penelitian adalah pengolahan steak tuna beku (Thunnus albacares) oleh PT. Tridaya Eramina Bahari telah berhasil menerapkan good manufacturing practices (GMP).

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: S Agriculture > SH Aquaculture. Fisheries. Angling
Divisions: Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan
Depositing User: PSP FPIK
Date Deposited: 21 Aug 2024 07:46
Last Modified: 27 Aug 2024 07:02
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/20926

Actions (login required)

View Item View Item