PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN TES HASIL BELAJAR PADA PELAJARAN IPA KELAS V SDN 05 SURAU GADANG PADANG

Nihayatin, Cintana Prosfera and Erman, Har and Syafni, Gustina Sari (2020) PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN TES HASIL BELAJAR PADA PELAJARAN IPA KELAS V SDN 05 SURAU GADANG PADANG. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
14. NIHAYATIN 1610013411022 cover.pdf

Download (188kB)
[img] Text
14. NIHAYATIN 1610013411022 abstrak.pdf

Download (192kB)
[img] Text
14. NIHAYATIN 1610013411022 BAB I.pdf

Download (343kB)
[img] Text
14. NIHAYATIN 1610013411022 BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (388kB)
[img] Text
14. NIHAYATIN 1610013411022 BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (517kB)
[img] Text
14. NIHAYATIN 1610013411022 BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (486kB)
[img] Text
14. NIHAYATIN 1610013411022 BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (771kB)
[img] Text
14. NIHAYATIN 1610013411022 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (306kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan instrumen tes objektif yang valid dan relevan diukur dengan menggunakan validitas, daya pembeda, indeks kesukaran serta reliabilitas untuk menilai hasil belajar pada pelajaran IPA kelas V SDN 05 Surau Gadang Padang. Jenis penelitian ini adalah Research and Development dengan model pengembangan 4-D (define, design, develop, disseminate). Pada penelitian ini, model pengembangan dibatasi sampai tahap develop dengan tujuan penelitian yang dikemukakan oleh Djemari Mardapi, dikarenakan setiap tahap pengembanganya sangat jelas maksud dan tujuannya sehingga dapat menghasilkan instrumen penilaian yang berkualitas. Instrumen pengumpulan data yang digunakan yaitu lembar validasi dan instrumen penilaian tes. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis validasi isi yang dilakukan oleh dua orang ahli di bidangnya yaitu dosen PGSD dan Guru SD kelas V, dan analisis butir soal tes yang terdiri atas validitas tes, reliabilitas, indeks kesukaran, daya pembeda soal. Berdasarkan hasil penelitian, instrumen penilaian tes objektif yang valid dan relevan untuk pelajaran IPA kelas V SDN 05 Surau Gadang Padang yaitu terdiri dari 33 soal dengan validitas item soal berada pada rentang 0.41 - 0.63 dan masuk pada kriteria cukup dan tinggi, dengan instrumen 0.79 masuk pada kriteria tinggi, serta indeks kesukaran berada pada rentang 0,43-0,68 masuk pada kriteria sedang, dengan daya pembeda berada pada rentang 0,29 - 0,57 masuk pada kriteria cukup dan baik. Sehingga dapat disimpulkan bahwa 33 soal objektif pilihan ganda untuk instrumen tes yang telah dikembangkan layak untuk digunakan dalam menilai hasil belajar siswa pada kelas V SD dalam pelajaran IPA karena sesuai dengan kriteria instrumen tes yang berkualitas. Dengan demikian diharapkan dapat membantu untuk pembuatan dan pengembangan instrumen tes yang baik dan berkualitas untuk menilai hasil belajar peserta didik di sekolah dasar. Kata Kunci : Pengembangan, Instrumen Penilaian, Hasil Belajar, IPA.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Erlya Wahyuni
Date Deposited: 14 Dec 2020 03:10
Last Modified: 14 Dec 2020 03:10
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/2109

Actions (login required)

View Item View Item