PENGENDALIAN MUTU MELALUI PENERAPAN HAZARD ANALYSIS CRITICAL CONTROL POINT (HACCP) PADA PROSES PENGOLAHAN LOIN TUNA BEKU(Studi Kasus di PT. Lintas Laut Samudera, Bungus-Sumatera Barat)

YULI, FITRIA and Yusra, Yusra and Suparno, Suparno (2024) PENGENDALIAN MUTU MELALUI PENERAPAN HAZARD ANALYSIS CRITICAL CONTROL POINT (HACCP) PADA PROSES PENGOLAHAN LOIN TUNA BEKU(Studi Kasus di PT. Lintas Laut Samudera, Bungus-Sumatera Barat). Masters thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
COVER - BAB I.pdf

Download (403kB)
[img] Text
BAB V - DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (185kB)
[img] Text
YULI FITRIA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Negara pengimpor biasanya menetapkan standar konkrit bagi produk yang dipasarkan di negaranya. Agar dapat memenuhi kebutuhan ekspor secara maksimal, PT. Lintas Laut Samudera telah menerapkan konsep HACCP dalam penerapan standar persyaratan mutu produk guna memperkuat pangsa pasar di negara pengekspor, namun sertifikat HACCP yang diperoleh dalam pengolahan tuna loin beku masih Grade C. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis mutu produk tuna loin beku dengan melakukan uji organoleptik, uji mikrobiologi, dan kimia histamin, kemudian mengkaji penerapan HACCP dalam pengolahan produk tuna loin yang diproduksi di PT. Lintas Laut Samudera. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan April sampai dengan Agustus 2024 di PT. Lintas Laut Samudera, Bungus, Kota Padang, dengan menggunakan metode penelitian deskriptif kuantitatif. Hasil pengujian yang diperoleh menunjukkan bahwa komoditas olahan ini masih dalam rentang aman, dan menurut hasil analisis penerapan HACCP dalam penentuan titik kendali kritis pada pengolahan tuna segar di PT. Lintas Laut Samudera terdapat 3 CCP dari seluruh tahapan proses yaitu pada penerimaan bahan baku, pengemasan, dan penyimpanan dingin. Kata Kunci: Histamin, Mikrobiologi, Organoleptik, Tuna.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: S Agriculture > SH Aquaculture. Fisheries. Angling
Divisions: Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan
Depositing User: SP2K Magister
Date Deposited: 28 Aug 2024 08:10
Last Modified: 28 Aug 2024 08:10
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/21109

Actions (login required)

View Item View Item