Doddy, Satria Wijaya and Eva, Rita and Zahrul, Umar (2020) ANALISIS PENURUNAN UMUR RENCANA PERKERASAN LENTUR AKIBAT OVERLOADING KENDARAAN PADA RUAS JALAN LUBUK SELASIH - SURIAN. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.
Text
96 Doddy Satria Wijaya 1510015211077 Cover.pdf Download (121kB) |
|
Text
96 Doddy Satria Wijaya 1510015211077 Abstrak.pdf Download (264kB) |
|
Text
96 Doddy Satria Wijaya 1510015211077 BAB I.pdf Download (342kB) |
|
Text
96 Doddy Satria Wijaya 1510015211077 BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
96 Doddy Satria Wijaya 1510015211077 BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (455kB) |
|
Text
96 Doddy Satria Wijaya 1510015211077 BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
96 Doddy Satria Wijaya 1510015211077 BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (152kB) |
|
Text
96 Doddy Satria Wijaya 1510015211077 Daftar Pustaka.pdf Download (281kB) |
Abstract
Ruas Jalan Lubuk Selasih – Surian merupakan jalan nasional yang menghubungkan Provinsi Sumatera Barat dengan Provinsi Jambi. Ruas jalan ini banyak dilalui kendaraan dengan muatan berlebih (overloading) yang mengakibatkan kerusakan dini pada jalan sehingga terjadi penurunan umur rencana. Maka untuk mengetahui daya rusak kendaraan overloading terhadap jalan dan pengurangan umur rencana jalan dilakukan penelitian dengan metode AASHTO 1993 dan setelah itu akan direncanakan tebal perkerasan lentur dengan metode Bina Marga 2017. Data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Data tersebut berupa data survei kerusakan jalan, data interview, data perencanaan jalan, data LHR, dan data rekapitulasi penimbangan kendaraan yang diambil di UPPKB Lubuk Selasih. Hasil penelitian didapatkan nilai VDF dari kendaraan golongan 6a sampai golongan 7c dengan perbandingan nilai VDF Overload dan VDF rencana adalah 424,9389 % hingga 2418,1299 %, ruas jalan tersebut mengalami penurunan masa layan sebesar 25,423 % atau 13 tahun lebih cepat dari umur rencana 20 tahun. Dari hasil perhitungan tebal perkerasan lentur didapatkan tebal rencana AC-WC 40 mm, AC-BC 60 mm, AC-Base 80 mm, LPA kelas A 300 mm, dan peningkatan tanah dasar setebal 300 mm hingga 600 mm untuk 5 segmen. Hasil perencanaan tebal perkerasan tersebut akan direalisasikan jika kondisi lapisan fondasi berbutir mengalami kerusakan dan jika umur rencana jalan berakhir pada tahun 2036. Maka perlu pengawasan yang ketat terhadap semua jenis kendaraan yang melewati Ruas Jalan Lubuk Selasih – Surian dan perlu segera dilakukan penanganan terhadap ruas jalan yang rusak agar tidak membahayakan pengguna jalan tersebut. Kata kunci : Overloading, Kerusakan Dini, Vehicle Damage Factor (VDF), Masa Layan, Tebal Perkerasan, Pengawasan, dan Penanganan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan > Teknik Sipil |
Depositing User: | Heltree Ivatureza |
Date Deposited: | 14 Dec 2020 03:21 |
Last Modified: | 14 Dec 2020 03:21 |
URI: | http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/2111 |
Actions (login required)
View Item |