Keterjangkauan Pelayanan Fasilitas Pendidikan Formal Berbasis Geospasial di Kecamatan Lubuk Alung, Kabupaten Padang Pariaman

Yong Hannan Al-ahqof, Yong and Rini Asmariati, S.T, M.T, Rini (2024) Keterjangkauan Pelayanan Fasilitas Pendidikan Formal Berbasis Geospasial di Kecamatan Lubuk Alung, Kabupaten Padang Pariaman. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
COVER,LEMBAR PENGESAHAN, DAFTAR ISI, BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB KESIMPULAN SARAN DAN DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (228kB)
[img] Text
FULLTEKS SKRIPSI_YONG HANNAN AL-AHQOF.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (17MB)

Abstract

Kecamatan Lubuk Alung sebagai Pusat Kegiatan Lokal (PKL) dalam Rencana Tata Ruang Wilayah Kabupaten Padang Pariaman tahun 2020-2040. Lokasi penempatan dari fasilitas pendidikan formal (SD, SLTP dan SLTA) dengan tingkat yang sama di Kecamatan Lubuk Alung cenderung berdekatan, dengan kondisi seperti ini diindikasi bahwa jarak jangkauan pelayanan fasilitas pendidikan formal yang tidak optimal ke seluruh wilayah administrasi kecamatan sebagai PKL. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ketersediaan dan menilai keterjangkauan fasilitas pendidikan formal berbasis geospasial di Kecamatan Lubuk Alung. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif kuantitatif dengan analisis komparatif digunakan untuk membandingkan ketersediaan fasilitas pendidikan formal, analisis jaringan (Network Analysis) dan analisis buffering untuk mengetahui jarak keterjangkauan dengan menggunakan ArcGIS PRO, serta analisis geospasial lainnya. Data dalam penelitian ini diperoleh dari dokumen kajian, survei lapangan dan pemetaan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa adanya penambahan dan pemindahan sekolah dengan tingkat pendidikan sama karena hasil perhitungan dari analisis ketersediaan dan analisis spasial buffering dan network analysis. Kata kunci : Ketersediaan, Keterjangkauan Pelayanan, Fasilitas Pendidikan Formal, Geospasial.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > TH Building construction
Divisions: Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan > Perencanaan Wilayah dan Kota
Depositing User: PWK FTSP
Date Deposited: 29 Aug 2024 01:30
Last Modified: 29 Aug 2024 01:45
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/21122

Actions (login required)

View Item View Item