PENGARUH UKURAN DEWAN DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN PENGUNGKAPAN AKUNTANSI LINGKUNGAN SEBAGAI VARIABEL MEDIASI (Studi Empiris Pada Perusahaan Sektor Energi yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2018-2023)

Fani Dwi, Puspita and Ethika, Ethika (2024) PENGARUH UKURAN DEWAN DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN PENGUNGKAPAN AKUNTANSI LINGKUNGAN SEBAGAI VARIABEL MEDIASI (Studi Empiris Pada Perusahaan Sektor Energi yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2018-2023). Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
COVER DLL.pdf

Download (652kB)
[img] Text
BAB PENUTUP.pdf

Download (200kB)
[img] Text
FANI DWI PUSPITA_20-052_FULLTEKS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh dari ukuran dewan dan ukuran perusahaan terhadap nilai perusahaan dengan dimediasi oleh pengungkapan akuntansi lingkungan pada perusahaan sektor energi yang terdaftar di BEI dalam periode 2018-2023, dengan menggunakan metode purposive sampling. Sampel terdiri dari 30 perusahaan sektor energi. Data yang digunakan adalah data sekunder yang diperoleh dari www.idx.co.id dan situs resmi perusahaan, dan dianalisis menggunakan metode SMART-PLS. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ukuran dewan memiliki pengaruh positif terhadap nilai perusahaan. Namun, ukuran perusahaan memiliki pengaruh negatif terhadap nilai perusahaan. Selain itu, ukuran dewan dan ukuran perusahaan berpengaruh positif terhadap pengungkapan akuntansi lingkungan. Ditemukan pula bahwa pengungkapan akuntansi lingkungan memiliki pengaruh negatif terhadap nilai perusahaan. Pengungkapan akuntansi lingkungan juga memediasi hubungan antara ukuran perusahaan dengan nilai perusahaan. Namun, pengungkapan akuntansi lingkungan tidak dapat memediasi hubungan antara ukuran dewan dengan nilai perusahaan. Diharapkan peneliti selanjutnya untuk memperluas cakupan objek penelitian agar dapat meningkatkan hasil. Penelitian selanjutnya disarankan untuk menambah jumlah sampel dan memperpanjang rentang tahun yang digunakan. Dan penelitian selanjutnya sebaiknya mempertimbangkan untuk menggunakan variabel-variabel lain yang dapat mempengaruhi nilai perusahaan

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Akuntansi FEB
Date Deposited: 30 Aug 2024 01:16
Last Modified: 30 Aug 2024 01:16
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/21149

Actions (login required)

View Item View Item