PERANCANGAN LEISURE HUB (RUANG KESENANGAN BANDARA) DI BANDARA INTERNASIONAL MINANGKABAU, KAB. PADANG PARIAMAN DENGAN PENDEKATAN MOVEMENT OF LEISURE

Ferdi, Pratama and Al Busyra, Fuadi and Ariyati, Ariyati (2024) PERANCANGAN LEISURE HUB (RUANG KESENANGAN BANDARA) DI BANDARA INTERNASIONAL MINANGKABAU, KAB. PADANG PARIAMAN DENGAN PENDEKATAN MOVEMENT OF LEISURE. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
COVER, HALAMAN PENGESAHAN, ABSTRAK, DAFTAR ISI DAN BAB PENDAHULUAN.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB KESIMPULAN SARAN DAN DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (107kB)
[img] Text
FULL TEXT SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (111MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh lonjakan pengguna transportasi udara setiap tahunnya dan permasalahan kurangnya fasilitas penunjang bandara, transportasi yang terintegrasi serta permasalahan psikologis, fisiologis pengguna bandara selama melakukan perjalanan jauh. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi bagaimana potensi perancangan bangunan Leisure Hub sebagai pusat ruang kesenangan/rekreasi bandara dengan pendekatan movement of leisure di BIM. Dengan tinjauan literatur yang komprehensif dan analisis lapangan, penelitian ini mengidentifikasi prinsip-prinsip utama leisure di bandara, ekonomi bandara, psikologi dan fisiologi manusia serta sistem transportasi yang terintegrasi. Metode penelitian yang digunakan adalah kombinasi antara kualitatif dan kuantitatif, studi kasus dari desain serupa, survei, wawancara dengan pengguna bandara dan ahli penerbangan dan ekonom. Metode ini memberikan gambaran bagaimana merancang sebuah Leisure Hub yang baik secara desain dan menjawab potensi dan permasalahan yang ada. Hasil dari penelitian ini adalah sebuah desain bangunan leisure hub dengan pendekatan movement of leisure, dengan melihat pergerakan yang cepat dan dinamis di bandara sehingga bagaimana menghadirkan ruang yang dilalui memiliki cerita yang menyenangkan di setiap titiknya sehingga dapat mengurangi permasalahan diatas. Selain itu, perancangan ini sebagai satu-satunya karya pusat ekonomi baru bandara di Sumatera Barat, menjadikan bandara sebagai orientasi pengembangan kota atau aerotropilis. Kata kunci: Leisure hub, bandar udara, pergerakan, transportasi, psikologi manusia.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: N Fine Arts > NA Architecture
Divisions: Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan > Arsitektur
Depositing User: Arsitektur FTSP
Date Deposited: 30 Aug 2024 07:22
Last Modified: 30 Aug 2024 07:22
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/21178

Actions (login required)

View Item View Item