PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN IPA BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING UNTUK SISWA KELAS IV SDN 20 BATANG ANAI PADANG PARIAMAN

Cindy, Prisillia Putri and Wince, Hendri and Zulfa, Amrina (2020) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN IPA BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING UNTUK SISWA KELAS IV SDN 20 BATANG ANAI PADANG PARIAMAN. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
17. CINDY 1610013411010 COVER.pdf

Download (189kB)
[img] Text
17. CINDY 1610013411010 ABSTRAK.pdf

Download (192kB)
[img] Text
17. CINDY 1610013411010 BAB I.pdf

Download (432kB)
[img] Text
17. CINDY 1610013411010 BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (447kB)
[img] Text
17. CINDY 1610013411010 BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (354kB)
[img] Text
17. CINDY 1610013411010 BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (426kB)
[img] Text
17. CINDY 1610013411010 BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (724kB)
[img] Text
17. CINDY 1610013411010 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (194kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul pembelajaran IPA pada materi siklus makhluk hidup berbasis problem based learning untuk kelas IV SDN 20 Batang Anai yang valid dan praktis. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (penelitian pengembangan). Modul pembelajaran IPA berbasis pendekatan konstruktivisme ini dikembangkan dengan menggunakan model 4-D (Define, Design, develop, dan Disseminate), yang dibatasi sampai tahap develop. Penelitian ini dilakukan pada semester genap tahun ajaran 2019/2020. Pengumpulan data dilakukan dengan validasi dan uji coba modul yang dikembangkan. Modul yang telah dibuat divalidasi oleh tiga dosen ahli kemudian diujicobakan untuk mengetahui praktikalitas modul yang dikembangkan. Hasil pengembangan menunjukkan bahwa modul ini berada pada kategori sangat valid oleh tiga dosen ahli, yaitu dengan nilai validitas 0,79 oleh dosen ahli desain, nilai validitas 0,97 oleh dosen ahli bahasa, dan nilai validitas 0,96 oleh dosen ahli materi, sehingga rata-rata keseluruhan nilai validitas dari tiga orang dosen ahli yaitu 0,93 pada kategori sangat valid. Modul yang telah dikembangkan dikategorikan sangat praktis oleh pendidik dengan rata-rata persentase kepraktisan 0,98 % oleh pendidik dan juga dikategorikan sangat praktis. Hal ini menujukkan bahwa modul pembelajaran IPA pada materi siklus makhluk hidup berbasis problem based learning yang dihasilkan sudah sangat valid dan sangat praktis sehingga dapat digunakan dalam pembelajaran di kelas IV SD. Dengan adanya modul ini diharapkan peserta didik dapat berfikir kritis dalam memecahkan masalah dan memperoleh pengetahuan. Kata Kunci : Modul IPA, Problem Based Learning, Valid, Praktis

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Erlya Wahyuni
Date Deposited: 14 Dec 2020 07:13
Last Modified: 14 Dec 2020 07:13
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/2121

Actions (login required)

View Item View Item