Pengendalian Pemanfaatan Ruang Pada Daerah Tinggi Ancaman Gerakan Tanah Berbasis Geospasial (Studi Kasus : Kelurahan Air Manis Kecamatan Padang Selatan Kota Padang)

ABDUL RASYID, RABBANI and Haryani, Haryani (2024) Pengendalian Pemanfaatan Ruang Pada Daerah Tinggi Ancaman Gerakan Tanah Berbasis Geospasial (Studi Kasus : Kelurahan Air Manis Kecamatan Padang Selatan Kota Padang). Other thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
PERSETUJUAN, ABSTRAK, DAFTAR ISI DAN BAB PENDAHULUAN.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB KESIMPULAN SARAN DAN DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (127kB)
[img] Text
FULLTEKS SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)

Abstract

Kelurahan Air Manis sebagian besar wilayahnya berada pada morfologi perbukitan di daerah pesisir pantai Kota Padang. Mulai awal tahun 2000-an mulai banyak terjadi longsoran akibat gerakan tanah. Berdasarkan RDTR Kota Padang 2023-2043, pada peta pola ruang menunjukan bahwa pada kawasan permukiman dan pariwisata berada pada daerah tinggi ancaman gerakan tanah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengendalian pemanfaatan ruang pada daerah tinggi ancaman gerakan tanah dilakukan dengan analisis geospasial serta overlay menggunakan data pola ruang dengan penggunaan lahan eksisting dan nantinya kemampuan lahan, serta tingkat kerentanan gerakan tanah sebagai penguat dan perbandingan penetapan pengendalian pemanfaatan ruang tersebut. Hasil peneltian ini menunjukan bahwa Terdapat 17 blok tidak sesuai dari 62 blok kegiatan yang dimana pada 17 blok akan dilakukan penertiban berada pada zona/subzona pariwisata dan rimba kota. dan 45 blok akan dilakukan pengawasan berada pada zona/subzona perlindungan setempat, SPU skala Kelurahan, perumahan kepadatan sedang, dan kawasan pertahanan keamanan. Kata kunci: Pengendalian, Geospasial, Gerakan Tanah, Penertiban, Pengawasan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > TH Building construction
Divisions: Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan > Perencanaan Wilayah dan Kota
Depositing User: PWK FTSP
Date Deposited: 02 Sep 2024 01:29
Last Modified: 02 Sep 2024 01:29
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/21233

Actions (login required)

View Item View Item