PENGARUH TEKANAN, KESEMPATAN, RASIONALISASI, KEMAMPUAN DAN AROGANSI (TEORI FRAUD PENTAGON) TERHADAP KECURANGAN LAPORAN KEUANGAN

Tulsabela, anisa and Herawati, Herawati (2024) PENGARUH TEKANAN, KESEMPATAN, RASIONALISASI, KEMAMPUAN DAN AROGANSI (TEORI FRAUD PENTAGON) TERHADAP KECURANGAN LAPORAN KEUANGAN. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
cover.pdf

Download (191kB)
[img] Text
PENDAHULUAN.pdf

Download (492kB)
[img] Text
PENUTUP.pdf

Download (214kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (425kB)
[img] Text
Full anisa tulsabela_20-126_Skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh tekanan, kesempatan, rasionalisasi, kemampuan dan arogansi (teori fraud pentagon) terhadap laporan keuangan. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya fenomena yang terjadi pada tahun 2023 pada PT perusahaan Waskita Karya melakukan kecurangan laporan keuangan dengan mengakali pembukuan dengan menyembunyikan setumpuk tagihan vendor dari tahun 2016. Populasi yang digunakan yaitu perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada periode 2019-2023. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah sebanyak 12 perusahaan BUMN.Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode purposive sampling. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder yang diperoleh dari www.idx.co.id. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis linear berganda. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis ditemukan bahwa variabel tekanan dan arogansi berpengaruh terhadap kecurangan laporan keuangan. Sedangkan variabel kesempatan, rasionalisasi, dan kemampuan tidak berpengaruh terhadap kecurangan laporan keuangan. Kata kunci: Tekanan, Kesempatan, Rasionalisasi, Kemampuan, Arogansi dan Kecurangan Laporan Keuangan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HF Commerce
H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Akuntansi FEB
Date Deposited: 02 Sep 2024 02:31
Last Modified: 02 Sep 2024 02:31
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/21254

Actions (login required)

View Item View Item