DETEKSI FRAUDULENT FINANCIAL REPORTING MENGGUNAKAN FRAUD PENTAGON (Studi Empiris pada Perusahaan Badan Usaha Milik Negara yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2019-2022)

Anjeli, Runi and Novianti, Neva (2024) DETEKSI FRAUDULENT FINANCIAL REPORTING MENGGUNAKAN FRAUD PENTAGON (Studi Empiris pada Perusahaan Badan Usaha Milik Negara yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2019-2022). Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
Cover - Bab 1_ Runi Anjeli.pdf

Download (461kB)
[img] Text
Bab 5 - Daftar Pustaka_Runi Anjeli.pdf

Download (167kB)
[img] Text
FULL SKRIPSI_RUNI ANJELI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (955kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memberikan bukti empiris tentang pengaruh fraud pentagon dalam mendeteksi fraudulent financial reporting studi empiris pada perusahaan Badan Usaha Milik Negara yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2019-2022. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan sampel akhir 21 perusahaan. Penelitian ini menggunakan model regresi data panel dengan e-views 12. Hasil penelitian menunjukan bahwa financial target berpengaruh positif signifikan terhadap fraudulent financial reporting, sedangkan external pressure berpengaruh negatif signifikan. Financial stability, institutional ownership, ineffective monitoring, kualitas auditor, dan change in auditor tidak menunjukan pengaruh signifikan. Pergantian direksi dan frequent number of CEO’s picture juga tidak berpengaruh signifikan. Secara praktis, perusahaan disarankan untuk fokus pada pengelolaan target keuangan dan tekanan eksternal untuk mengurangi risiko pelaporan keuangan yang tidak akurat. Dari sudut pandang akademis, penelitian ini memperkaya literatur dengan menyoroti peran penting financial target dan external pressure, serta mendorong penelitian lebih lanjut mengenai faktor-faktor lain yang mempengaruhi fraudulent financial reporting. Hasil penelitian ini diharapkan memperdalam pemahaman tentang prediksi fraudulent financial reporting. Kata kunci : Fraud Pentagon, Fraudulent Financial Reporting, Badan Usaha Milik Negara, Eviews 12, Regresi Data Panel

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Akuntansi FEB
Date Deposited: 03 Sep 2024 01:32
Last Modified: 03 Sep 2024 01:32
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/21384

Actions (login required)

View Item View Item