ANALISA PERHITUNGAN BIAYA PEKERJAAN STRUKTUR PADA PEMBANGUNAN GEDUNG TENGAH AUDITORIUM

Adilla, Dinda and Dr.Zulherman,ST.,M.Sc, Zulherman (2024) ANALISA PERHITUNGAN BIAYA PEKERJAAN STRUKTUR PADA PEMBANGUNAN GEDUNG TENGAH AUDITORIUM. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

WarningThere is a more recent version of this item available.
[img] Text
COVER - BAB I.pdf

Download (815kB)
[img] Text
BAB IV - DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (147kB)
[img] Text
FULL TEKS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Tugas Akhir (TA) merupakan salah syarat kelulusan pada program studi Diploma III Teknik Ekonomi Konstruksi, Universitas Bung Hatta, Padang. TA ini membahas perhitungan struktur pada proyek pembangunan gedung Auditorium Tengah Kolese Kanisius Menteng, dimulai dari Lantai STP sampai dengan Lantai Rooftop Tujuan TA adalah (1) Mengukur kuantitas pekerjaan struktur, (2) Mengestimai Rencana Anggaran Biaya (RAB) pekerjaan struktur, (3) Menyusun rencana jadwal pelaksanaan (Time Schedule) pekerjaan pekerjaan struktur, dan (4) Menyusun aliran kas (Cash flow) pekerjaan pekerjaan struktur. Untuk mengukur kuantitas item struktur bawah meliputi pekerjaan pondasi bored pile, pekerjaan soldier pile, pekerjaan pile cap, pekerjaan strutting, pekerjaan retaining wall dan pekerjaan pitlift. Sedangkan, pekerjaan Struktur Atas meliputi balok, kolom, plat lantai, tangga dan Rangka atap, kuantitas diambil dari gambar dan diukur langsung dengan bantuan aplikasi CAD. RAB dihitung dengan merujuk pada Analisa Harga Satuan Pekerjaan yang dikeluarkan oleh Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Republik Indonesia No. 8 Tahun 2023. Sementara itu untuk harga satuan upah dan bahan diambil dari kota DKI Jakarta Tahun2023. Rencana jadwal pelaksanaan pekerjaan disusun dengan menghitung bobot dan durasi pekerjaan masing-masing elemen serta mempertimbangkan metoda pelaksanaan pekerjaan. Aliran kas disusun berdasarkan informasi proyek antara lain; metoda pembayaran (monthly payment), besaran uang muka (20%), retensi (5%) dan rencana durasi pekerjaan. Dari perhitungan kuantitas pekerjaan struktur proyek pembangunan gedung Auditorium Tengah Kolese Kanisius Menteng diperoleh kuantias pekerjaan beton 6,497.20 m3, pekerjaan pembesian 1,149,220.61 kg, pekerjaan baja 339,43 kg dan pekerjaan bekisting 25,474.50 m2. Total biaya pekerjaan yang didapat adalah Rp 37,172,798,795 atau Rp 41,261,807,000 setelah ditambah pajak. Sementara biaya per meter persegi pekerjaan adalah Rp 6,081,327.49 /m2. Dari rencana jadwal pelaksanaan pekerjaan diperoleh durasi selama 224 hari dan aliran kas menunjukkan keseimbangan antara kas masuk dan kas keluar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Perhitungan Biaya, Struktur, Cash Flow, Time Schedule, Pembangunan Gedung Tengah Auditorium Kolase Kanisius Menteng.
Subjects: T Technology > TH Building construction
Depositing User: QS FTSP
Date Deposited: 03 Sep 2024 01:24
Last Modified: 03 Sep 2024 01:24
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/21389

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item