Analisis Kinerja Ruas Jalan dan Simpang Bersinyal di Jalan Alai Timur Kota Padang. Tugas Akhir Universitas Bung Hatta Padang 2020

Risdianto, Risdianto and Apwiddhal, Apwiddhal and Lusi, Utama (2020) Analisis Kinerja Ruas Jalan dan Simpang Bersinyal di Jalan Alai Timur Kota Padang. Tugas Akhir Universitas Bung Hatta Padang 2020. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATT.

[img] Text
107 Risdianto 1210015211146 Cover.pdf

Download (50kB)
[img] Text
107 Risdianto 1210015211146 Abstrak.pdf

Download (83kB)
[img] Text
107 Risdianto 1210015211146 BAB I.pdf

Download (338kB)
[img] Text
107 Risdianto 1210015211146 BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
107 Risdianto 1210015211146 BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
107 Risdianto 1210015211146 BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
107 Risdianto 1210015211146 BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (90kB)
[img] Text
107 Risdianto 1210015211146 Daftar Pustaka.pdf

Download (71kB)

Abstract

Perkembangan pertumbuhan penduduk semakin tinggi di negara kita, begitupun kepemilikan kendaraan semakin meningkat. Terciptanya suatu sistem transportasi yang menjamin pergerakan manusia, kendaraan dan barang secara lancar, aman, murah, nyaman, serta sesuai dengan lingkungan merupakan tujuan pembangunan dalam sektor tranportasi. Adapun tujuan penelitian adalah untuk menentukan kapasitas, tingkat pelayanan/level of service, kecepatan ruang/speace mean speed, dan kecepatan perjalanan pada ruas jalan Alai Timur Pasar Alai Kota Padang serta mengetahui kapasitas dan derajat kejenuhan pada simpang bersinyal jalan Alai Timur Pasar Alai Kota Padang. Lokasi lokasi penelitian dilakukan di Ruas Jalan dan Simpang Bersinyal di Jalan Alai Timur Kota Padang. Teknik Pengumpulan data dilakukan secara manual account atau perhitungan manual dengan menggunakan tenaga manusia. Data penelitian terdiri dari tentang kinerja ruas jalan yaitu tentang data Kecepatan Kendaraan, data volume lalu lintas, Hambatan samping, Sedangkan data simpang bersinyal yaitu tentang jenis kendaraan arah pergerakan kendaraan, jumlah kendaraan masing-masing arah pergerakan, data lebar pendekat Dialaisis dalam bentuk tabel dan grafik selama periode penelitian kemudian dianalisis sehingga didapatkan kapasitas jalan, tingkat pelayanan/Level Of Service (LOS), kapasitas simpang bersinyal dan derajat kejenuhan simpang bersinyal dengan mengunakan metoda MKJI (Manual Kapasitas Jalan Indonesia, 1997). Hasil penelitian diperoleh (1) Tingkat layanan/Level of Service (LOS) jalan Simpang Pasar Alai masuk dalam kategori C, yang menunjukkan bahwa jalan Simpang Pasar Alai arus stabil, tetapi kecepatan dan gerak kendaraan dikendalikan, pengemudi dibatasi dalam memilih kecepatan. (2) Berdasarkan kecepatan ruas jalan (space mean speed) jalan Simpang Pasar Alai masih memenuhi fungsinya sebagai jalan arteri sekunder perkotaan. (3) Derajat kejenuhan Simpang Pasar Alai kaki jalan Alai Timur, jalan Kh. Ahmad Dahlan, jalan Gajah Mada dan jalan Teuku Umar sudah melewati ambang batas yang ditentukan. yaitu untuk jalan Gajah Mada (Utara) sebesar sebesar 3,054 dan terendah pada simpang jalan Teuku Umar (Selatan) sebesar 1,753, sehingga menunjukkan bahwa pada simpang masing-masing lengan melebihi batas standar kejenuhan dimana batas maksimum pada derajat kejenuhan menurut MKJI 1997 sebesar 0,75. Kata Kunci: Analisis Kinerja Ruas Jalan dan Simpang Bersinyal

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan > Teknik Sipil
Depositing User: Heltree Ivatureza
Date Deposited: 15 Dec 2020 06:17
Last Modified: 25 May 2021 03:38
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/2143

Actions (login required)

View Item View Item