PENGARUH MEKANISME INTERNAL CORPORATE GOVERNANCE TERHADAP KUALITAS LABA DENGAN UKURAN PERUSAHAAN SEBAGAI VARIABEL MODERASI

Chesren, Putri Jayanti and Neva, Novianti (2024) PENGARUH MEKANISME INTERNAL CORPORATE GOVERNANCE TERHADAP KUALITAS LABA DENGAN UKURAN PERUSAHAAN SEBAGAI VARIABEL MODERASI. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
COVER-BAB PENDAHULUAN_Chesren Putri Jayanti.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB KESIMPULAN DAN DAFTAR PUSTAKA_Chesren Putri Jayanti.pdf

Download (253kB)
[img] Text
FULL TEKS SKRIPSI_Chesren Putri Jayanti.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh karakteristik mekanisme internal corporate governance terhadap kualitas laba dengan ukuran perusahaan sebagai variabel moderasi pada perusahaan sektor properti dan real estate yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2020 – 2023. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling, menghasilkan 32 sampel perusahaan. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder yang diperoleh dari www.idx.co.id. Aplikasi SPSS 25.0 digunakan untuk mengolah data. Penelitian ini menggunakan analisis regresi moderasi, pengujian asumsi klasik, statistik deskriptif, dan pengujian hipotesis sebagai metodologi analisis data. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis ditemukan bahwa kepemilikan manajerial berpengaruh signifikan terhadap kualitas laba. Sedangkan kepemilikan institusional, komisaris independen, komite audit tidak berpengaruh signifikan terhadap kualitas laba. Pengaruh ukuran perusahaan dapat memoderasi kepemilikan manajerial dan komite audit terhadap kualitas laba. Namun, pengaruh ukuran perusahaan tidak dapat memoderasi kepemilikan institusional, komisaris independen terhadap kualitas laba.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Akuntansi FEB
Date Deposited: 04 Sep 2024 06:39
Last Modified: 04 Sep 2024 06:39
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/21508

Actions (login required)

View Item View Item