PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN TAKE AND GIVE TERHADAP HASIL BELAJARAN PKn SISWA KELAS V PADA TEMA 7 PERISTIWA DALAM KEHIDUPAN DI SDN 24 PARUPUK TABING KECAMATAN KOTO TANGAH PADANG

Olla, Chrisdayanti and Yusrizal, Yusrizal and Syafni, Gustina Sari (2020) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN TAKE AND GIVE TERHADAP HASIL BELAJARAN PKn SISWA KELAS V PADA TEMA 7 PERISTIWA DALAM KEHIDUPAN DI SDN 24 PARUPUK TABING KECAMATAN KOTO TANGAH PADANG. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
21. OLLA 1610013411130 COVER.pdf

Download (94kB)
[img] Text
21. OLLA 1610013411130 ABSTRAK.pdf

Download (91kB)
[img] Text
21. OLLA 1610013411130 BAB I.pdf

Download (314kB)
[img] Text
21. OLLA 1610013411130 BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (454kB)
[img] Text
21. OLLA 1610013411130 BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (832kB)
[img] Text
21. OLLA 1610013411130 BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (753kB)
[img] Text
21. OLLA 1610013411130 BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
21. OLLA 1610013411130 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (292kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran take and give terhadap hasil belajar PKn siswa kelas V pada tema 7 peristiwa dalam kehidupan di SDN 24 Parupuk Tabing Kecamatan Koto Tangah Padang. Jenis penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan rancangan penelitian Posttes Only Control Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V.A yang berjumlah 22 orang dan Siswa kelas V.B yang berjumlah 26 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan total sampling. Menentukan kelas eksperimen dan kelas kontrol secara random, kelas V.A sebagai kelas eksperimen dan kelas V.B sebagai kelas kontrol yang telah berdistribusi normal. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes hasil belajar siswa. Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah analisis perbedaan rata-rata yaitu rumus t-tes. Kriteria pengujian terima H 0 jika t , dengan dk=n1+n2-2 selain itu H 0 hitung ditolak. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen adalah 86.36 dan kelas kontrol 79.42. Analisis data hasil belajar siswa dengan taraf kepercayaan 0.05 diperoleh t = 2.4871 dan t tabel = 1.6799. dengan demikian H 0 ditolak H 1 < t hitung diterima. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran take and give terhadap hasil belajar PKn siswa kelas V pada tema 7 peristiwa dalam kehidupan di SDN 24 Parupuk Tabing Kecamatan Koto Tangah Padang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Erlya Wahyuni
Date Deposited: 15 Dec 2020 06:46
Last Modified: 15 Dec 2020 06:46
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/2151

Actions (login required)

View Item View Item