ANALISIS BENTUK WACANA PERSUASIF PADA IKLAN PINJAMAN ONLINE

Dessy, Marsinta and Eriza, Nelfi (2024) ANALISIS BENTUK WACANA PERSUASIF PADA IKLAN PINJAMAN ONLINE. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
COVER HALAMAN PERSETUJUAN-PENGESAHAN ABSTRAK DAFTAR ISI dan BAB PENDAHULUAN.pdf

Download (540kB)
[img] Text
BAB KESIMPULAN DAN DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (100kB)
[img] Text
FULL SKRIPSI (halaman COVER sampai LAMPIRAN_DESSY MARSINTA_SASTRA INDONESIA_UNIVERSITAS BUNG HATTA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (918kB)

Abstract

Penelitian ini membahas teknik-teknik wacana persuasif pada iklan pinjaman online di Youtube. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan teknik-teknik persuasif pada iklan pinjaman online. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori Keraf. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode simak dan teknik catat. Selanjutnya, untuk menganalisis data digunakan metode agih dengan teknik baca markah. Berdasarkan hasil penelitian, dalam wacana persuasif pada iklan pinjaman online terlihat enam teknik persuasif yang digunakan, yaitu (1) teknik rasionalisasi pada iklan “Tunaiku”, “Finmas”, dan “Ok bank”, (2) teknik identifikasi pada iklan “Ada pundi” dan “Cash wagon”, (3) teknik sugesti pada iklan “Julo”, “Akulaku”, dan “Ada kami”, (4) teknik kompensasi pada iklan “Rupiah cepat”, “Pinjam Indonesia” dan “Telkomsel klop”, (5) teknik penggantian pada iklan “Finplus”, (6) dan teknik proyeksi pada iklan “Bantu saku”, “Home credit”, dan “Klik maju”.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Indonesia
Depositing User: SINDO FIB
Date Deposited: 03 Sep 2024 08:03
Last Modified: 03 Sep 2024 08:03
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/21537

Actions (login required)

View Item View Item