Annisa, Wulandari and Yusrizal, Yusrizal and Zulfa, Amrina (2020) PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN (HOTS) HINGER ORDER THINKING SKILLS PADA PEMBELAJARAN TEMA 6 SUBTEMA 1 UNTUK SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.
Text
22. ANNISA 1610013411009 COVER.pdf Download (107kB) |
|
Text
22. ANNISA 1610013411009 ABSTRAK.pdf Download (159kB) |
|
Text
22. ANNISA 1610013411009 BAB I.pdf Download (268kB) |
|
Text
22. ANNISA 1610013411009 BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (269kB) |
|
Text
22. ANNISA 1610013411009 BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (219kB) |
|
Text
22. ANNISA 1610013411009 BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
|
Text
22. ANNISA 1610013411009 BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
|
Text
22. ANNISA 1610013411009 DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (140kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan instrumen penilaian higher order thinking skill (HOTS) pada kelas IV SD yang memenuhi kriteria valid, reliabel, tingkat kesukaran, daya pembeda dan praktis. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Model pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan 4-D yaitu define, design, develop, dan desseminate. Penelitian ini dilakukan pada semester genap tahun ajaran 2019/2020 dengan tema 6 Cita-citaku subtema 1 Aku dan Cita-citaku. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 16 Padang Kudo. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes. instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah instrumen tes dan lembar validasi. Kevalidan diketahui dari hasil penilaian validator pada lembar validasi yang menyatakan instrumen tes yang dikembangkan. Berdasarkan hasil penelitian pengembangan instrumen penilaian higher order thinking skill (HOTS) pada kelas IV SD dihasilkan instrumen yang memenuhi kriteria sangat valid dengan persentase sebesar 98,21%, memenuhi kriteria reliabilitas tinggi dengan angka 0,86, memenuhi kriteria tingkat kesukaran mudah dengan angka 0,86, memenuhi kriteria daya pembeda 4 butir soal berkriteria jelek, 7 butir soal berkriteria cukup dan 4 butir soal berkreteria baik sekali, dan terakhir memenuhi kriteria sangat praktis dengan persentase sebesar 90,62%. Jadi, dapat disimpulkan bahwa instrumen penilaian higher order thinking skill (HOTS) pada kelas IV SD sudah valid dan praktis untuk instrumen penilaian di kelas IV SD.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Erlya Wahyuni |
Date Deposited: | 15 Dec 2020 06:49 |
Last Modified: | 15 Dec 2020 06:49 |
URI: | http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/2155 |
Actions (login required)
View Item |