PERANCANGAN PUSAT PENDIDIKAN AGAMA ISLAM ( MADRASAH ALIYAH ) DAN WISATA RELIGI DI KAWASAN PELESTARIAN SURAU TUO TARAM DI NAGARI TARAM

Gilang, Agusta Perdana and Nasril, Sikumbang and Duddy, Fajriansyah (2024) PERANCANGAN PUSAT PENDIDIKAN AGAMA ISLAM ( MADRASAH ALIYAH ) DAN WISATA RELIGI DI KAWASAN PELESTARIAN SURAU TUO TARAM DI NAGARI TARAM. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
COVER, HALAMAN PENGESAHAN, ABSTRAK, DAFRAR ISI dan BAB PENDAHULUAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB KESIMPULAN SARAN DAN DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (155kB)
[img] Text
FULL TEXS SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (16MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menemukan kemungkinan desain bangunan Madrasah Aliyah sebagai tempat pendidikan Islam dalam melestarikan surau tua di Nagari Taram, Kabupaten Limapuluh Kota. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hilangnya fungsi Surau Tuo Taram sebagai tempat pendidikan Islam sehingga diperlukan solusi arsitektur yang inovatif untuk menghidupkan kembali Surau Tuo Taram. Melalui studi literatur dan analisis cagar budaya, penelitian ini mengidentifikasi prinsip-prinsip kunci dari cagar budaya, pendidikan Islam, dan pentingnya arsitektur Islam modern dalam menyajikan gagasan. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif, termasuk studi literatur tentang surau dan madrasah yang ada, survei dan wawancara dengan para ahli di bidang pendidikan dan arsitektur Islam. Metode-metode ini memberikan wawasan tentang pertimbangan teknis saat merancang madrasah yang fungsional. Kerangka kerja ini secara konseptual mengintegrasikan unsur-unsur surau, pendidikan, Islam, dan desain berkelanjutan. Proses desain menekankan pada perpaduan antara bentuk dan fungsi, menciptakan ruang-ruang yang memfasilitasi kegiatan pendidikan Islam serta kegiatan pendukung lainnya. Hasil dari penelitian ini berupa usulan rancangan konseptual arsitektur madrasah yang menggabungkan elemen-elemen teknik Islam modern. Usulan desain bertujuan untuk menciptakan solusi dalam mengembalikan surau tuo taram sebagai tempat pendidikan Islam modern.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: N Fine Arts > NA Architecture
Divisions: Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan > Arsitektur
Depositing User: Arsitektur FTSP
Date Deposited: 04 Sep 2024 03:24
Last Modified: 04 Sep 2024 03:24
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/21589

Actions (login required)

View Item View Item