PEMANFAATAN LIMBAH PECAHAN BETON FC’ 25MPa SEBAGAI PENGGANTI SEBAGIAN AGREGAT KASAR DENGAN TAMBAHAN SUPERPLASTICIZER PADA BETON MUTU 25 MPa

Mai, Yandri Susanti and Rini, Mulyani (2024) PEMANFAATAN LIMBAH PECAHAN BETON FC’ 25MPa SEBAGAI PENGGANTI SEBAGIAN AGREGAT KASAR DENGAN TAMBAHAN SUPERPLASTICIZER PADA BETON MUTU 25 MPa. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
BAB I.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (226kB)
[img] Text
full TA Mai Yandri Susanti 19-138.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penggunaan beton sebagai material utama dalam pembangunan infrastruktur seperti gedung, jembatan, jalan dan berbagai fasilitas publik lainnya mengakibatkan ketersediaan material yang semakin menurun dan semakin banyaknya limbah kontruksi berupa limbah beton. Untuk mengatasi hal ini, salah satu upaya yang bisa dilakukan yaitu memanfaatkan kembali limbah beton sebagai alternatif dalam campuran beton, yaitu pengganti agregat kasar. Limbah beton dapat digunakan sebagai pengganti agregat kasar dikarenakan sifat fisik limbah beton menyerupai agregat kasar, namun memiliki perbedaan karakteristik. Untuk menormalisasi pebedaan karakteristik tersebut maka ditambah dengan superplasticizer, yang fungsinya dapat meningkatkan slump atau membuat adukan menjadi lebih encer. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh pengaruh penggunaan limbah pecahan beton sebagai pengganti sebagian agregat kasar dengan penambahan zat aditif pada beton mutu 25 MPa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini mengacu pada SNI 7656:2012. Ada 4 variasi persentase substitusi limbah beton yaitu 0%, 25%, 50% dan 75%, setiap variasi subtitusi limbah beton terdiri dari 6 buah benda uji. Berdasarkan hasil pengujian kuat tekan beton substitusi limbah beton dengan penambahan zat aditif variasi 0%, 25%, 50% dan 75% adalah 31,05 Mpa, 33,12 Mpa, 31,80 Mpa dan 30,95 Mpa. Persentase optimum dari substitusi limbah beton terjadi pada variasi substitusi 25% dimana mampu meningkatkan nilai kuat tekan beton sebesar 7% terhadap beton aditif. Maka dapat disimpulkan bahwa limbah beton dengan penambahan zat aditif dapat berpengaruh terhadap kuat tekan beton, yaitu semakin banyak pemakaian limbah beton dapat menurunkan kuat tekan beton, hal tersebut dikarenakan penyerapan limbah pecahan beton yang besar dibanding agregat kasar (Split) yaitu 7,76% dan 1,38%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan > Teknik Sipil
Depositing User: Teknik Sipil FTSP
Date Deposited: 04 Sep 2024 07:12
Last Modified: 04 Sep 2024 07:12
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/21658

Actions (login required)

View Item View Item