PERANCANGAN WISATA ALAM TERPADU DENGAN PENDEKATAN EKOWISATA DI KAWASAN PUNCAK LARAS KABUPATEN SOLOK SELATAN PROVINSI SUMATERA BARAT

Taufikul, Hakim and Nengah, Tela and Duddy, Fajriansyah (2024) PERANCANGAN WISATA ALAM TERPADU DENGAN PENDEKATAN EKOWISATA DI KAWASAN PUNCAK LARAS KABUPATEN SOLOK SELATAN PROVINSI SUMATERA BARAT. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
COVER,HALAMAN PENGESAHAN,ABSTRAK,DAFTAR ISI DAN PENDAHULUAN.pdf

Download (5MB)
[img] Text
BAB KESIMPULAN SARAN DAN DAFTAR PUSTAKA (1).pdf

Download (1MB)
[img] Text
FULLTEKS SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (41MB)

Abstract

Pariwisata mencakup berbagai macam kegiatan yang dilakukan oleh wisatawan dan didukung berbagai fasilitas serta layanan yang disediakan oleh masyarakat, pengusaha, dan pemerintah. Di dalamnya terdapat tiga unsur, yaitu manusia sebagai unsur kegiatan pariwisata, tempat sebagai unsur fisik yang mencakup kegiatan, dan waktu sebagai unsur yang dihabiskan dalam perjalanan. Pariwisata terpadu adalah “pengembangan pariwisata yang menyatukan berbagai jenis pariwisata dalam satu kawasan, sehingga dapat menciptakan keunikan dan daya tarik yang lebih kompleks. Solok Selatan menawarkan berbagai macam potensi wisata, antara lain keindahan alam, kekayaan kuliner, kekayaan budaya, dan nilai sejarah. Potensi wisata alam yang ada di Solok Selatan sangat cocok untuk menarik wisatawan dalam daerah maupun luar daerah. Salah satu potensi alam di Solok Selatan yang belum banyak dilirik adalah kawasan 'negeri di atas awan' atau disebut juga Puncak Laras. Potensi kawasan Puncak Laras merupakan kawasan yang sejuk, berada di ketinggian 1100 mdpl, di sekelilingnya terdapat pemandangan yang indah dan dekat dengan wisata pemandian air panas Sapan Maluluang. Namun, kawasan Puncak Laras menunggu investor untuk membenahi dan mengembangkan kawasan Puncak Laras. Tujuan dari perencanaan wisata alam terpadu di kawasan Puncak Laras adalah sebagai berikut Menjadikan kawasan Puncak Laras sebagai daerah tujuan wisata untuk menarik wisatawan lokal maupun internasional. Menciptakan konsep wisata yang tepat di kawasan Puncak Laras untuk meningkatkan kualitas dan daya tarik wisata. Metode yang digunakan dalam perancangan adalah metode kualitatif. Terciptanya sebuah konsep perancangan wisata alam terpadu dengan pendekatan ekowisata yang dapat meningkatkan minat wisatawan untuk berkunjung ke kawasan Puncak Laras dan diharapkan mampu meningkatkan kunjungan wisata di Kabupaten Solok Selatan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: N Fine Arts > NA Architecture
Divisions: Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan > Arsitektur
Depositing User: Arsitektur FTSP
Date Deposited: 04 Sep 2024 08:01
Last Modified: 04 Sep 2024 08:01
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/21695

Actions (login required)

View Item View Item