ANALISIS PERTIMBANGAN HUKUM HAKIM DALAM MEMUTUS PERKARA PENCABULAN TERHADAP ANAK (STUDI KASUS DI PENGADILAN NEGERI PAINAN)

Batinta, Oktavianus P Meliala and Uning, Pratimaratri and Deaf, Wahyuni Ramadhani (2024) ANALISIS PERTIMBANGAN HUKUM HAKIM DALAM MEMUTUS PERKARA PENCABULAN TERHADAP ANAK (STUDI KASUS DI PENGADILAN NEGERI PAINAN). Masters thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
COVER - PENDAHULUAN.pdf

Download (648kB)
[img] Text
PENUTUP - DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (290kB)
[img] Text
BATINTA OKTAVIANUS P MELIALA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Upaya perlindungan terhadap anak sebagai korban tindak pidana pencabulan di pengadilan tidak terlepas dari upaya pembuktian adanya tindak pidana pencabulan terhadap anak. Permasalahan yang seringkali timbul dalam proses pembuktian tindak pidana pencabulan terhadap anak di pengadilan yaitu alat bukti yang diajukan di persidangan seringkali tidaklah kuat. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1. Bagaimanakah analisis pertimbangan hukum hakim dalam memutus perkara pencabulan terhadap anak di Pengadilan Negeri Painan? dan 2. Apakah yang menjadi kendala hakim dalam mencari kebenaran materiil dalam memutus perkara pencabulan terhadap anak di Pengadilan Negeri Painan? Jenis penelitian ini yaitu penelitian yuridis normatif dan yuridis sosiologis, data yang diperoleh secara deskriptif kualitatif kemudian dianalisis dan ditarik kesimpulan menggunakan metode induktif. Hasil dari penelitian ini adalah 1. Hakim Pengadilan Negeri Painan memutus perkara pencabulan terhadap anak menggunakan pertimbangan secara yuridis berdasarkan alat bukti dan barang bukti yang diajukan di persidangan untuk menentukan kesalahan terdakwa dan pertimbangan secara non yuridis untuk menentukan jenis dan beratnya pidana terhadap terdakwa yaitu diantaranya riwayat pemidanaan terdakwa, akibat perbuatan terdakwa dan kondisi terdakwa. 2. Kendala hakim dalam mencari kebenaran materiil dalam memutus perkara pencabulan terhadap anak di Pengadilan Negeri Painan yaitu kurangnya alat bukti yang memenuhi kualitas sebagai alat bukti di persidangan. Kata Kunci: pertimbangan hukum, hakim, pencabulan, anak.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Program Pascasarjana > Ilmu Hukum
Depositing User: Hukum Magister
Date Deposited: 04 Sep 2024 01:37
Last Modified: 04 Sep 2024 01:37
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/21733

Actions (login required)

View Item View Item