PENERAPAN BIM (BUILDING INFORMATION MODELLING) DALAM MENGHITUNG QUANTITY TAKE-OFF PADA PROYEK PEMBANGUNAN GEDUNG WALIKOTA JAMBI

Kawirian, Ibnu Syukur and Ayu, Embun Sari (2024) PENERAPAN BIM (BUILDING INFORMATION MODELLING) DALAM MENGHITUNG QUANTITY TAKE-OFF PADA PROYEK PEMBANGUNAN GEDUNG WALIKOTA JAMBI. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
Cover, Halaman Pengesahan, Abstrak, Daftar isi, BAB Pendahuluan.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Kesimpulan, Saran dan Daftar Pustaka.pdf

Download (56kB)
[img] Text
FullTeks Skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)

Abstract

Building Information Modeling (BIM) adalah sebuah Teknologi yang berisi peranan penting dalam perencanaan, analisis dan pemodelan, pelaksanaan serta pemeliharaan. Penelitian ini bertujuan untuk mempelajari proses pemodelan struktur dan perhitungan quantity take-off dengan teknologi Building Information Modeling (BIM). Dalam penyusunan Rencana anggaran biaya (RAB) secara konvensional diperlukan volume pekerjaan yang tepat. Pada penelitian ini dilakukan perhitungan dengan teknologi Building Information Modeling (BIM) berdasarkan data Detail Engineering Design (DED) Proyek dengan Tekla Structures 2023 untuk mendapatkan hasil volume dari elemen struktur yang dimodelkan. didapatkan volume beton sebesar 1.198,3 M3 dan untuk volume pembesian sebesar 170.427 kg serta didapatkan rekapitulasi Rencana Anggaran Biaya secara konvensional sebesar Rp. 5.443.080.636,37 hanya pada lantai 1. Tekla Structures menghasilkan perhitungan yang lebih akurat dan mempermudah pekerjaan sehingga lebih cepat. Kata Kunci : Building Information Modeling (BIM), Quantity Take-Off (QTO), Rencana Anggaran biaya (RAB), Tekla Structures.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan > Teknik Sipil
Depositing User: Teknik Sipil FTSP
Date Deposited: 04 Sep 2024 03:53
Last Modified: 04 Sep 2024 03:53
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/21737

Actions (login required)

View Item View Item