Perancangan Resort Di Tapian Panyinggahan Danau Maninjau Dengan Pendekatan Floating Architecture , Kabupaten Agam Provinsi Sumatera Barat.

Ronaldi, Ronaldi and Nengah, Tela and Duddy, Fajriansyah (2024) Perancangan Resort Di Tapian Panyinggahan Danau Maninjau Dengan Pendekatan Floating Architecture , Kabupaten Agam Provinsi Sumatera Barat. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
COVER ,PENGESAHAN,ABSTRAK,PENDAHULUAN.pdf

Download (12MB)
[img] Text
KESIMPULAN SARAN DAN DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)
[img] Text
FULL TEKS SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (76MB)

Abstract

Kabupaten Agam, Provinsi Sumatera Barat memiliki berjuta potensi yang jika dikelola dengan baik dapat menarik minat wisatawan untuk berkunjung ke sana. Salah satunya adalah objek wisata Danau Maninjau yang menyuguhkan pemandangan yang sangat indah. Danau Maninjau (berarti 'pemandangan' atau 'tinjauan' dalam bahasa Minangkabau) adalah sebuah danau kaldera yang terletak di Kecamatan Tanjung Raya, Kabupaten Agam, Provinsi Sumatera Barat. Danau ini terletak sekitar 140 kilometer sebelah utara Kota Padang, ibu kota Sumatera Barat, 36 kilometer dari Bukittinggi, 27 kilometer dari Lubuk Basung, ibu kota Kabupaten Agam. Danau Maninjau merupakan danau vulkanik yang terletak di ketinggian 461,50 meter di atas permukaan laut. Salah satunya yang saat ini sedang digalakkan baik oleh pemerintah nagari, kecamatan maupun kabupaten adalah objek wisata Tapian Panyinggahan Maninjau yang berada di pinggir Danau Maninjau, Jorong Kubu Baru, Nagari Maninjau, Kecamatan Tanjung Raya, objek wisata ini mulai dikenal masyarakat sekitar dan menarik minat wisatawan. Di sekitar Danau Maninjau rata-rata belum ada resort yang memiliki tipe kelas utama dari sekian banyak resort yang ada di Danau Maninjau yang didominasi oleh cottage dan bungalow. Potensi Danau Maninjau merupakan sumber daya tarik mata pencaharian dari berbagai sektor yang belum dioptimalkan secara optimal seperti pariwisata, perikanan, perdagangan, ekonomi. Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Tujuan dari perancangan ini adalah sebuah bangunan yang diperuntukkan untuk destinasi wisata lokal dan mancanegara serta memberikan dampak positif bagi warga yang berpenghasilan rendah dalam rangka mengembalikan pendapatan ekonomi dan upaya penyelamatan kerusakan/pencemaran lingkungan di Danau Maninjau. Kata kunci : Pariwisata, Resor, Arsitektur Terapung, Danau Maninjau, Agam

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: N Fine Arts > NA Architecture
Divisions: Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan > Arsitektur
Depositing User: Arsitektur FTSP
Date Deposited: 04 Sep 2024 04:10
Last Modified: 04 Sep 2024 04:10
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/21740

Actions (login required)

View Item View Item