Analisis Risiko Kecelakaan & Kesehatan Kerja Menggunakan Job Safety Analysis (JSA) Di Laboratorium Proses Produksi Teknik Industri

Yola, Azzahra and Eva, Suryani (2024) Analisis Risiko Kecelakaan & Kesehatan Kerja Menggunakan Job Safety Analysis (JSA) Di Laboratorium Proses Produksi Teknik Industri. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
BAGIAN 1.pdf

Download (362kB)
[img] Text
BAGIAN 2.pdf

Download (38kB)
[img] Text
BAGIAN 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis kecelakaan dan risiko kesehatan kerja pada laboratorium proses produksi dengan menggunakan metode JSA (Job Safety Analysis). Laboratorium proses produksi adalah lingkungan kerja yang kompleks di mana berbagai mesin dan peralatan digunakan untuk berbagai aktivitas teknis dan terkait produksi. Penggunaan mesin seperti mesin bubut, mesin frais, mesin bor, gerinda dan mesin las menimbulkan risiko yang signifikan terhadap keselamatan dan kesehatan pekerja. Metodologi JSA digunakan untuk mengidentifikasi dan menilai potensi bahaya pada setiap tahapan pekerjaan dan menentukan tindakan pengendalian yang tepat untuk mengurangi risiko. Studi dimulai dengan mengidentifikasi langkah-langkah kerja laboratorium utama dalam proses produksi dan potensi bahaya yang terkait dengan setiap mesin dan tugas. Penilaian risiko kemudian dilakukan menggunakan JSA untuk menilai kemungkinan dan tingkat keparahan setiap potensi bahaya untuk menentukan nilai dan tingkat risiko. Tindakan pengendalian kemudian disarankan berdasarkan hierarki pengendalian, mulai dari penghilangan bahaya, penggantian, rekayasa, dan manajemen hingga penggunaan alat pelindung diri (APD). Studi ini menunjukkan bahwa beberapa tugas, seperti mengoperasikan mesin bubut dan penggiling, mempunyai risiko yang signifikan dan memerlukan perhatian khusus dalam hal prosedur keselamatan dan manajemen risiko. Penerapan JSA yang sistematis memungkinkan identifikasi bahaya yang komprehensif dan pengembangan strategi pengendalian yang efektif. Studi ini memberikan kontribusi penting dalam meningkatkan standar keselamatan dan kesehatan kerja di laboratorium proses produksi dan memberikan rekomendasi untuk menerapkan praktik keselamatan yang lebih baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Teknik Industri
Depositing User: Teknik Industri FTI
Date Deposited: 04 Sep 2024 06:32
Last Modified: 04 Sep 2024 06:32
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/21854

Actions (login required)

View Item View Item