PERBANDINGAN EFISIENSI BIAYA ANTARA METODE BUILDING INFORMATION MODELLING (BIM) MENGGUNAKAN SOFWARE REVIT DAN PERHITUNGAN MANUAL TERHADAP PEKERJAAN STRUKTUR GEDUNG (Studi Kasus: Gedung Pasar Rakyat Pariaman Kota Pariaman)

Herma Pebri, Almutakabbir and Rini, Mulyani (2024) PERBANDINGAN EFISIENSI BIAYA ANTARA METODE BUILDING INFORMATION MODELLING (BIM) MENGGUNAKAN SOFWARE REVIT DAN PERHITUNGAN MANUAL TERHADAP PEKERJAAN STRUKTUR GEDUNG (Studi Kasus: Gedung Pasar Rakyat Pariaman Kota Pariaman). Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
i. Tugas Akhir Herma Pebri Almutakabbir_21-131_Cover, Halaman Pengesahan, Abstrak, Daftar Isi, Bab Pendahuluan.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ii. Tugas Akhir Herma Pebri Almutakabbir_21-131_Bab Kesimpulan Saran dan Daftar Pustaka.pdf

Download (179kB)
[img] Text
iii. Tugas Akhir Herma Pebri Almutakabbir_21-131_Cover-Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (50MB)

Abstract

Dalam industri konstruksi, efisiensi biaya merupakan salah satu faktor krusial yang mempengaruhi keberhasilan proyek. Pembangunan struktur gedung sering kali melibatkan biaya yang signifikan, baik dalam hal mutu, waktu, dan biaya. Pada revolusi industri 4.0 saat ini penyelenggaraan pembangunan infrastruktur, salah satu teknologi pada bidang AEC (Architecture, Engineering, Construction) adalah Building Information Modeling (BIM). Dengan kemajuan teknologi, Building Information Modelling (BIM) telah muncul sebagai metode yang inovatif. BIM memungkinkan integrasi dan koordinasi yang lebih baik dari berbagai informasi proyek dalam satu model digital yang komprehensif. Software Revit, sebagai salah satu alat utama dalam BIM, menawarkan kemampuan untuk mengembangkan model 3D yang rinci, serta simulasi dan analisis yang dapat membantu dalam estimasi biaya yang lebih akurat dan efisien. Penilitian ini bertujuan untuk menghitung Quantity pekerjaan struktur, menghitung biaya serta membandingkanya. Metode yang digunakan adalah BIM untuk mengetahui efisiensi biaya pekerjaan dibandingkan dengan metode perhitungan manual. Perhitungan dilakukan dengan memodelkan kembali gambar Detailed Engineering Design (DED) ke gambar 3D dengan menggunakan software Revit Structures. Model 3D tersebut menghasilkan data volume dan biaya pada setiap item pekerjaan. Hasil penelitian didapatkan efisiensi volume beton pada BIM dengan selisih 0,39% dari nilai BOQ, sedangkan volume pembesian didapatkan efisiensi pada BIM dengan selisih 0,51% dari nilai BOQ, dan biaya yang dihasilkan menggunakan volume BIM memiliki nilai selisih lebih kecil dari pada biaya nilai BOQ yaitu sebesar 0.47%. Diantara kedua metode tersebut, metode BIM mempunyai tingkat akurasi lebih baik daripada metode manual. Disarankan untuk penelitian selanjutnya perlu dilakukan penyempurnaan software Revit Structures dengan menambahkan pekerjaan bekisting dan perencanaan time schedule. Kata Kunci: Biaya, Building Information Modelling (BIM), Quantity, BOQ, Revit Struktures.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan > Teknik Sipil
Depositing User: Teknik Sipil FTSP
Date Deposited: 04 Sep 2024 12:15
Last Modified: 04 Sep 2024 12:15
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/21923

Actions (login required)

View Item View Item