PERANAN DINAS LINGKUNGAN HIDUP KABUPATEN DHARMASRAYA DALAM PENGAWASAN PENAMBANGAN LIAR (ILEGAL MINING) DI SUNGAI BATANG HARI

Hasan, Basri and Sanidjar, Pebrihariati (2024) PERANAN DINAS LINGKUNGAN HIDUP KABUPATEN DHARMASRAYA DALAM PENGAWASAN PENAMBANGAN LIAR (ILEGAL MINING) DI SUNGAI BATANG HARI. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

This is the latest version of this item.

[img] Text
COVER HALAMAN PENGESAHAAN PERSETUJUAN,ABSTRAK DAFTAR ISI,BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (649kB)
[img] Text
KESIMPULAN SARAN DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB)
[img] Text
FULL, Skripsi.Hasan Basri. 20-124.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Dinas lingkungan Hidup adalah lembaga yang membidangi tentang lingkungan.Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2009 tentang PPLH definisi Pengawasan lingkungan hidup adalah kegiatan yang dilaksanakan secara langsung/tidak langsung oleh Pejabat Pengawas Lingkungan Hidup untuk mengetahui tingkat ketaatan kegiatan terhadap ketentuan peraturan perundang-undangan dibidang lingkungan hidup. Rumusan masalah 1)Bagaimanakah Peranan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Dharmasraya dalam mengawasi Penambang liar (Ilegal Mining)? 2)Apa Kendala-Kendala yang dihadapi Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Dharmasraya dalam menindak Penambang Liar (Ilegal Mining) diKabupaten Dharmasraya? 3)Apa Upaya -Upaya yang dilakukan oleh Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Dharmasraya dalam menindak lanjuti jika terdapat Penambang Liar disepantaran sungai Batang Hari? Metode penelitian adalah hukum sosiologis terdiri dari sumber data primer dan data sekunder, Teknik pengumpulan data wawancara dan studi dokumen, kemudian dianalisa secara analisis kualitatif. Hasil Penelitian 1)Peranan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Dharmasraya dalam mengawasi penambang liar :a)melakukan pemantauan lapangan, b)penindakan hukum, c)penyusanan dan penegakan regulasi, d)penngelolaan regulasi, e)melibatkan masyarakat 2) Kendala-Kendala yang dihadapi Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Dharmasraya dalam menindak Penambang Liar (Ilegal Mining) diKabupaten Dharmasraya:a)kurangnya kesadaran dari masyarakat, b)luasnya daerah pengawasan.c)keterbatasaan lapangan pekerjaan, d)keterbatasan peralatan, e)pendidikan rendah f)intimidasi3) Upaya-Upaya yang dilakukan oleh Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Dharmasraya yaitu: a)memberikan edukasi kepada masyarakat, b)melaksanakan sosialisasi, c)penindakan sanksi administratif d)pelatihan e)kerjasama d)menggunakan media.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Hukum FH
Date Deposited: 05 Sep 2024 02:58
Last Modified: 05 Sep 2024 02:58
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/21975

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item