Pengembangan Game Edukasi Quick Count Math Dengan Aplikasi Wordwall Sebagai Media Pembelajaran Pada Materi Operasi Bilangan Bulat Untuk Siswa Kelas VII

Finkan, Yuni and Yusri, Wahyuni and Puspa, Amelia (2024) Pengembangan Game Edukasi Quick Count Math Dengan Aplikasi Wordwall Sebagai Media Pembelajaran Pada Materi Operasi Bilangan Bulat Untuk Siswa Kelas VII. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
i. COVER, HALAMAN PENGESAHAN,ABSTRAK, DAFTAR ISI dan BAB PENDAHULUAN.pdf

Download (992kB)
[img] Text
ii. BAB KESIMPULAN SARAN DAN DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (163kB)
[img] Text
iii. FULLTEKS SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kebutuhan media pembelajaran yang inovatif dan interaktif untuk mengembangkan perangkat Game Edukasi Quick Count Math menggunakan aplikasi Wordwall sebagai media pembelajaran pada materi operasi bilangan bulat untuk siswa kelas VI dan untuk mengetahui tingkat validitas serta praktikalitas perangkat tersebut. Penelitian ini bertujuan Untuk menghasilkan perangkat Game Edukasi Quick Count Math dengan aplikasi Wordwall sebagai media pembelajaran pada materi operasi bilangan bulat dan Untuk mengetahui tingkat validitas dan praktikalitas Game Edukasi Quick Count Math dengan aplikasi Wordwall sebagai media pembelajaran pada materi operasi bilangan bulat. Penelitian ini menggunakan metode Research & Development (R&D) dengan model ADDIE, yang meliputi lima tahapan: Analysis (analisis), Design (perancangan), Development (pengembangan), Implementation (implementasi), dan Evaluation (evaluasi). Pada tahap analisis, peneliti mengidentifikasi kebutuhan media pembelajaran interaktif untuk operasi bilangan bulat. Pada tahap design, perangkat game Edukasi dibuat dengan menggunakan aplikasi Wordwall. Pada tahap development dilakukan penilaian terhadap validitas oleh ahli materi, ahli media dan uji praktikalitas perangkat oleh guru, dan siswa. Hasil validasi menunjukkan bahwa perangkat game Edukasi ini memiliki tingkat validitas sebesar 80 % dari ahli materi dan 72 % dari ahli media, yang menunjukkan bahwa perangkat ini dinilai valid namun perlu beberapa perbaikan. Penilaian kepraktisan perangkat menunjukkan skor 92 % dari guru, yang menunjukkan bahwa perangkat ini sangat praktis digunakan dalam proses pembelajaran, serta skor 88,6 % dari siswa, yang mengindikasikan bahwa siswa merasa perangkat ini praktis dan menarik. Dari hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa Game Edukasi "Quick Count Math" yang dikembangkan dengan aplikasi Wordwall sudah memenuhi kriteria validitas dan praktikalitas yang tinggi. Perangkat ini dapat meningkatkan keterlibatan serta pemahaman siswa tentang materi operasi bilangan bulat. Peneliti selanjutnya disarankan untuk melakukan perbaikan berdasarkan masukan ahli dan memperluas uji coba di berbagai lingkungan pendidikan untuk mengoptimalkan media ini. Kata Kunci : Game Edukasi, operasi bilangan bulat, aplikasi Wordwall

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: PMAT FKIP
Date Deposited: 06 Sep 2024 08:24
Last Modified: 06 Sep 2024 08:24
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/21979

Actions (login required)

View Item View Item