PENERAPAN METODE PDM (PRECEDENCE DIAGRAM METHOD) PADA PENJADWALAN WAKTU PROYEK PEMBANGUNAN GEDUNG PEKAN KREATIFITAS MAHASISWA (PKM) POLITEKNIK NEGERI PADANG

Evana Elita Idisri, Evana and Embun Sari Ayu, ST , MT, Embun (2024) PENERAPAN METODE PDM (PRECEDENCE DIAGRAM METHOD) PADA PENJADWALAN WAKTU PROYEK PEMBANGUNAN GEDUNG PEKAN KREATIFITAS MAHASISWA (PKM) POLITEKNIK NEGERI PADANG. Diploma thesis, Universitas Bunga Hatta.

[img] Text
Cover, halaman, pengesahan, abstrak, dan daftar isi.pdf

Download (3MB)
[img] Text
BAB PENDAHULUAN.pdf

Download (337kB)
[img] Text
BAB KESIMPULAN DAN SARAN.pdf

Download (322kB)
[img] Text
Full teks .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

Indonesia yang merupakan negara Berkembang pasti memiliki banyak proyek pembangunan untuk mencapai tingkat kemajuan ekonomi yang lebih tinggi. Dalam proyek, diperlukan manajemen proyek untuk mencapai keberhasilan. Salah satu aspek yang sangat mempengaruhi adalah aspek penjadwalan waktu proyek. Penjadwalan waktu harus disusun secara efektif dengan penggunaan sumber daya yang optimal. Umumnya, penjadwalan waktu ini menggunakan metode Bar Chart, Kurva S, Network Planning seperti CPM, PERT, dan PDM. Dari beberapa teori dan penelitian sebelumnya, PDM (Precedence Diagram Method) merupakan metode yang lebih diunggulkan daripada metode yang lainnya. Oleh karena itu, penulis ingin mengetahui penerapan metode PDM (Precedence Diagram Method) untuk merencanakan penjadwalan waktu yang efektif di proyek Pembangunan Gedung Pekan Kreatifitas Mahasiswa (PKM) Politeknik Negeri Padang. Hal ini bertujuan untuk merencanakan diagram jaringan kerja PDM dan mendapatkan penjadwalan waktu yang optimum, berapa lama waktu pengerjaan proyek, dan mengetahui kegiatan kritis pada diagram jaringan kerja PDM (Precedence Diagram Method). Langkah-langkah yang dilakukan adalah dengan pengumpulan data berupa item dan durasi pekerjaan, kemudian langkah kedua adalah melakukan penghitungan secara manual dengan metode maju dan mundur, langkah ketiga adalah perencanaan diagram jaringan kerja PDM (Precedence Diagram Method). Langkah terakhir adalah perhitungan menggunakan Microsoft Excel. Berdasarkan hasil perencanaan memakai metode PDM yang di bantu Software Microsoft Excel, didapatkanlah hasil penjadwalan waktu optimum yang direncanakan oleh penulis sebesar 450 hari kerja (75 minggu) dan terdapat 23 pekerjaan yang termasuk kedalam kegiatan kritis. Kata kunci : Ekonomi, Manajemen Proyek, Precedence Diagram Method, Penjadwalan Waktu.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan > Teknik Sipil
Depositing User: Teknik Sipil FTSP
Date Deposited: 04 Sep 2024 13:41
Last Modified: 04 Sep 2024 13:41
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/21995

Actions (login required)

View Item View Item