PENERAPAN METODE EVM (EARNED VALUE METHOD) PADA PENGENDALIAN BIAYA DAN WAKTU (Studi Kasus : CONSTRUCTION OF WOMAN AND CHILD CANCER CARE BUILDING AT DHARMAIS CANCER HOSPITAL)

Silvi, Medisha and Indra, Khaidir (2024) PENERAPAN METODE EVM (EARNED VALUE METHOD) PADA PENGENDALIAN BIAYA DAN WAKTU (Studi Kasus : CONSTRUCTION OF WOMAN AND CHILD CANCER CARE BUILDING AT DHARMAIS CANCER HOSPITAL). Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
COVER, HALAMAN PENGESAHAN PERSETUJUAN, ABSTRAK, DAFTAR ISI dan BAB PENDAHULUAN.pdf

Download (19MB)
[img] Text
BAB KESIMPULAN SARAN DAN DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (94kB)
[img] Text
FULL TEKS SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (29MB)

Abstract

Perkembangan dunia konstuksi mengalami perubahan yang sangat pesat setiap tahunnya terutama di indonesia. Namun pada pelaksanaannyaJidak jarang dijumpai kondisi dimana suatu proyek mengalami pembengkakan biaya tanpa disertai percepatan waktu pelaksanaa. Oleh karena itu, ditekankan pentingnya suatu metode metode atau teknik yang dapat mengungkapkan semua data yang diperlukan untuk proses pengendalian. Salah satu cara pengendalian biaya dan waktu adalah dengan melakukan analisis EYM (Earned Value MethoS yang mampu mengintegrasikan komponen biaya dan waktu secara tepat. Metode ini dapat digrmakan untuk mengendalikan biaya dan waktu, serta mengendalikan pelaksanaan proyek konskuksi terhadap terjadinya penyimpangan, dan mengevaluasi proyeksi penyelesaian tertradap terjadinya penyirnpangan pada proyek. Dengan menggunakan 3 indikator yaitu BCWS (Budgeted Cost Of Work Schedule), BCWP (Budgeted Cost Of Work Pedormed), dan ACWP (Actual Cost Of Work Performance), Dengan menggunakan indikator-indikator tersebut, akan dihitung dari berbagai faktor yang menunjukan kemajuan dan kinerja dalam pelaksanaan proyek seperti Cost Yariance (CY), Schedule Yariance (SY), Schedule Performance Index (SPD, Cost Performance Index (CPI) serta perkiraan waktu dan penyelesaian proyek yaitu Estimate All Cost (EAC) dan Estimate All Schedule (EAS). Hasil dari penelitian ini adalah kinerja biaya pada proyek Construction of Woman and Child Cancer Care Building at Dharmais Cancer Hospital tergolong baik karena CY (Cost Varians) bemilai 0 artinya biayayangdikeluarkan sudah sesuai dengan yang dianggarkan dan untuk nilai CPI: 1 dari pekan ke-l sampai dengan pekan ke-73 artinya produktivitas pengguraan biaya sesuai anggaran dan dari segi waktu lebih cepat darijadwal karena SY (sehedule Yarians) bernilai (+) dan SPI > 1 dari pekan ke- 1 sampai dengan pekan ke-7 3 . SPI > I artinya proyek mengalam i percepatan dari j adwal rencana.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan > Teknik Sipil
Depositing User: Teknik Sipil FTSP
Date Deposited: 04 Sep 2024 15:17
Last Modified: 04 Sep 2024 15:17
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/22045

Actions (login required)

View Item View Item