PENGARUH SUBSTITUSI AGREGAT HALUS DENGAN PASIR BESI TERHADAP KUAT TEKAN BETON ( STUDI EKSPERIMENTAL PASIR BESI KABUPATEN PASAMAN BARAT )

Asman Gunandi, Asman and Dr. Eng. Ir. H. Indra Farni, M.T.,IPU ASEAN Eng, Indra and Veronika, S.T., M.T, Veronika (2024) PENGARUH SUBSTITUSI AGREGAT HALUS DENGAN PASIR BESI TERHADAP KUAT TEKAN BETON ( STUDI EKSPERIMENTAL PASIR BESI KABUPATEN PASAMAN BARAT ). Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
Laporan TA Asman Gunandi 18-156 Cover, Lembar Pengesahan, Abstrak, Daftar isi, Pendahuluan.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Kesimpulan, Saran dan Daftar Pustaka Asman 18-156.pdf

Download (149kB)
[img] Text
FULLTEKS TA Asman Gunandi 1810015211156.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Beton merupakan suatu material hasil campuran semen, agregat halus, agregat kasar, air dan kadang-kadang dengan bahan tambah yang bervariasi. Perkembangan dalam sektor pembangunan memicu tingginya permintaan akan kebutuhan beton. Analisis ini bertujuan untuk mengidentifikasi pengaruh penggunaan pasir besi sebagai substitusi agregat halus pada campuran beton terhadap nilai kuat tekan. Dari penelitian tersebut kemudian dilakukan analisis mengenai pengaruh substitusi pasir besi sebagai pengganti agregat halus terhadap massa jenis, absorpsi, dan kuat tekan beton, serta membandingkan hasilnya dengan beton konvensional. Selain itu, juga dilakukan identifikasi mengenai berapa besar perbedaan nilai kuat tekan beton yang dihasilkan antara beton menggunakan substitusi pasir besi dan beton yang tidak menggunakan pasir besi. Berdasarkan analisis yang telah dilakukan penggunaan pasir besi mengakibatkan peningkatan terhadap massa jenis beton, akan tetapi absorpsi beton tidak memberikan pengaruh karena nilai absorpsi masih berada pada nilai rentang yang diisyaratkn yaitu 5% - 10%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan > Teknik Sipil
Depositing User: Teknik Sipil FTSP
Date Deposited: 05 Sep 2024 06:53
Last Modified: 05 Sep 2024 06:53
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/22088

Actions (login required)

View Item View Item