PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIABERBASIS MIND MAPPING UNTUK SISWA KELAS II SDN 16 PAGAMBIRAN PADANG

Nanda, Friska and Wirnita, Wirnita and Hidayati, Azkiya (2020) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIABERBASIS MIND MAPPING UNTUK SISWA KELAS II SDN 16 PAGAMBIRAN PADANG. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
43. NANDA 1610013411056 COVER.pdf

Download (20kB)
[img] Text
43. NANDA 1610013411056 ABSTRAK.pdf

Download (148kB)
[img] Text
43. NANDA 1610013411056 BAB I.pdf

Download (293kB)
[img] Text
43. NANDA 1610013411056 BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (446kB)
[img] Text
43. NANDA 1610013411056 BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (294kB)
[img] Text
43. NANDA 1610013411056 BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
43. NANDA 1610013411056 BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
43. NANDA 1610013411056 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (220kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia di kelas II SD pada tema 5 pengalamanku subtema 2 pengalamanku di sekolah yang valid. Teori yang digunakan adalah pendapat Muhammad Surya (Isjoni, 2009) tentang pembelajaran, pendapat Daryanto (2013) tentang modul, dan pendapat Silberman (Shoimin, 2016) tentang Mind Mapping. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan atau Research & Development yaitu penelitian yang mengembangkan atau membuat suatu produk yang terdiri dari tahap pendefinisian, perancangan, dan pengembangan. Penelitian ini dilakukan di SDN 16 Pagambiran Padang pada semester genap tahun ajaran 2019/2020. Proses pengembangan diawali dengan melakukan observasi di SDN 16 Pagambiran Padang untuk menemukan potensi dan masalah, dilanjutkan dengan validasi produk sampai pada validator materi, bahasa, dan desain untuk mengetahui ke validan produk. Uji-coba produk tidak bisa terlaksanakan karena adanya pendemi COVID-19 sehingga tidak terlaksanakan uji-coba modul ke peserta didik dan guru. Kemudian validasi modul pembelajaran Bahasa Indonesia berbasis Mind Mapping yang dikembangkan dari dua orang validator memperoleh hasil yaitu, validator desain sebesar 85,2% dikategorikan valid, validator materi sebesar 95,3% dikategorikan sangat valid, dan validator bahasa sebesar 87,5% dikategorikan valid. Dengan demikian, dapat dilihat rata-rata skor penilaian modul pembelajaran Bahasa Indonesia berbasis Mind Mapping yang memperoleh secara keseluruhan yaitu 89,5% dengan kategori sangat valid. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan modul yang dihasilkan sangat valid untuk digunakan dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas II SD. Kata kunci : pengembangan modul, mind mapping, bahasa indonesia

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Erlya Wahyuni
Date Deposited: 17 Dec 2020 06:50
Last Modified: 17 Dec 2020 06:50
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/2217

Actions (login required)

View Item View Item