IMPLEMENTASI TEKNOLOGI BUILDING INFORMATION MODELING (BIM) MENGGUNAKAN SOFTWARE REVIT UNTUK PEKERJAAN STRUKTUR (Studi Kasus : Gedung Administrasi Politeknik Negeri Jember)

Selva, Oktavia and Redha, Arima R.M (2024) IMPLEMENTASI TEKNOLOGI BUILDING INFORMATION MODELING (BIM) MENGGUNAKAN SOFTWARE REVIT UNTUK PEKERJAAN STRUKTUR (Studi Kasus : Gedung Administrasi Politeknik Negeri Jember). Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
BAB 1 Tugas Akhir_Selva Oktavia.pdf

Download (6MB)
[img] Text
BAB 5 Tugas Akhir_Selva Oktavia.pdf

Download (720kB)
[img] Text
Tugas Akhir Full Page Sampai Lampiran_Selva Oktavia.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)

Abstract

Kesalahan dalam perhitungan volume proyek konstruksi merupakan salah satu masalah yang sering terjadi di industri konstruksi. Oleh karena itu, diperlukan solusi untuk meningkatkan perhitungan volume yang efektif menggunakan teknologi terbaru di dunia konstruksi yaitu teknologi Building Information Modeling (BIM). Dengan adanya teknologi Building Information Modeling dengan mudah bisa mengetahui volume pada tiap komponen. Sehingga memudahkan dalam menyusun Rencana Anggaran Biaya (RAB). Penggunaan teknologi BIM dalam penyusunan Rencana Anggaran Biaya memberikan manfaat signifikan dalam hal akurasi, efisiensi, kolaborasi, dan optimalisasi biaya, sehingga membawa proyek konstruksi ke arah yang lebih terarah dan terkendali. Software Revit merupakan software yang membatu metode Building Information Modeling (BIM) untuk memodelkan informasi konstruksi gedung dan struktur gedung. Dengan melakukan pemodelan menggunakan software Revit untuk menghasilkan ouput berupa pemodelan struktur dalam bentuk 3D, perhitungan volume (Quantity Take Off) dan Rencana Anggaran Biaya (RAB). Data-data yang tersedia untuk menunjang objek penelitian adalah data gambar atau Detail Engineering Design (DED) Proyek. Setelah dilakukan proses perhitungan volume dengan teknologi Building Information Modeling (BIM) menggunakan software Revit 2025 maka didapatkan volume beton sebesar 641,38 m3 dan volume pembesian sebesar 68587,09 Kg secara otomatis. Didapatkan volume struktur secara detail dan praktis sehingga diperoleh perhitungan Rencana Anggaran Biaya (RAB) pada pekerjaan penulangan dan pengecoran struktur atas dan struktur bawah yaitu sebesar Rp.2.274.703.038.85.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan > Teknik Sipil
Depositing User: Teknik Sipil FTSP
Date Deposited: 05 Sep 2024 07:47
Last Modified: 05 Sep 2024 07:47
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/22213

Actions (login required)

View Item View Item