PENGAWASAN OTORITAS JASA KEUANGAN TERHADAP BANK PEREKONOMIAN RAKYAT PASCA TERBITNYA UNDANG-UNDANG NO 4 TAHUN 2023 TENTANG PENGEMBANGAN DAN PENGUATAN SEKTOR KEUANGAN

Adiesty, Elfitri and Elyana, Novira (2024) PENGAWASAN OTORITAS JASA KEUANGAN TERHADAP BANK PEREKONOMIAN RAKYAT PASCA TERBITNYA UNDANG-UNDANG NO 4 TAHUN 2023 TENTANG PENGEMBANGAN DAN PENGUATAN SEKTOR KEUANGAN. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
SKRIPSI ADIESTY ELFITRI FULL TEXTT (1).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (998kB)
[img] Text
SKRIPSI ADIESTY ELFITRI FILE PENUTUP (1).pdf

Download (209kB)
[img] Text
SKRIPSI ADIESTY ELFITRI COVERRR.pdf

Download (706kB)

Abstract

Pengertian Bank Perekonomian Rakyat yaitu bank yang melaksanakan kegiatan usaha secara konvensional atau berdasarkan prinsip syariah yang dalam kegiatannya tidak memberikan jasa dalam lalu lintas giral secara langsung. Setelah terbitnya Undang-Undang No 4 Tahun 2023, kegiatan usaha BPR semakin luas. Rumusan masalah (1) Bagaimanakah fungsi Bank Perekonomian Rakyat (BPR) pada sistem perbankan di Indonesia Pasca Undang-Undang No 4 Tahun 2023 Tentang Pengembangan dan Penguatan Sektor Keuangan?. (2) Bagaimanakah pengawasan terhadap Bank Perekonomian Rakyat (BPR) Pasca Undang-Undang No 4 Tahun 2023 Tentang Pengembangan dan Penguatan Sektor Keuangan ?. Jenis penelitian yang digunakan yaitu yuridis normatif; sumber data yang digunakan adalah data sekunder; teknik pengumpulan data dengan menggunakan studi dokumen; serta dianalisis secara kualitatif. Hasil penelitian bahwa: (1) Fungsi Bank Perekonomian Rakyat (BPR menempatkan dana pada bank lain, meminjam dana dari bank lain, atau meminjamkan dana kepada bank lain, melakukan kegiatan usaha penukaran valas, melakukan penyertaan modal pada lembaga penunjang BPR sesuai dengan pembatasan yang diatur dalam ketentuan perundang-undangan (2) Pengawasan terhadap Bank Perekonomian Rakyat ada 3, dalam status pengawasan normal, dalam pengawasan penyehatan, dalam pengawasan status resolusi. Kata Kunci: Pengawasan, Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Bank Perekonomian Rakyat (BPR)

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Hukum FH
Date Deposited: 05 Sep 2024 07:23
Last Modified: 05 Sep 2024 07:23
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/22256

Actions (login required)

View Item View Item