PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN IPS BERBASIS METODE INKUIRI UNTUK SISWA KELAS IV PADA SEKOLAH DASAR

Muni, Rosa Irene Manik and Pebriyenni, Pebriyenni and M., Tamrin (2020) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN IPS BERBASIS METODE INKUIRI UNTUK SISWA KELAS IV PADA SEKOLAH DASAR. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
49. MUNI 1610013411099 COVER.pdf

Download (70kB)
[img] Text
49. MUNI 1610013411099 ABSTRAK.pdf

Download (93kB)
[img] Text
49. MUNI 1610013411099 BAB I.pdf

Download (153kB)
[img] Text
49. MUNI 1610013411099 BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (271kB)
[img] Text
49. MUNI 1610013411099 BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (190kB)
[img] Text
49. MUNI 1610013411099 BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
49. MUNI 1610013411099 BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
49. MUNI 1610013411099 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (96kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Modul Pembelajaran IPS berbasis metode inkuiri untuk siswa kelas IV SD yang memenuhi kepraktisan dan kevalidan. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan modivikasi model 3-D yaitu terdiri dari tahap define, design, and development. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas IV Sekolah Dasar semester ganjil tahun ajaran 2019/2020. Validasi modul terdiri dari 1 validator materi, 1 validator desain, dan 1 validator bahasa. Berdasarkan hasil penelitian, validasi modul yang dilakukan dari aspek materi IPS memperoleh nilai 100% dengan kategori sangat valid, dari aspek tampilan memperoleh nilai 88% dengan kategori valid, dan dari aspek bahasa memperoleh nilai 93% dengan kategori sangat valid. Dilihat dari rata-rata skor penilaian, modul pembelajaran IPS berbasis metode inkuiri diperoleh hasil 94% dengan kategori sangat valid. Sedangkan uji praktikalitas terdiri dari 1 orang guru dan 4 orang siswa, dari hasil praktikalitas oleh guru memperoleh hasil 81,3% dengan kriteria praktis, dan dari hasil praktikalitas oleh siswa diperoleh hasil 89,5 % dengan kriteria sangat praktisDari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa modul pembelajaran IPS berbasis metode inkuiri yang dihasilkan valid dan sangat praktis digunakan sebagai salah satu alternatif bahan ajar, sehingga siswa mampu belajar dengan baik tanpa bimbingan guru maupun dengan bimbingan guru. Kata kunci : Modul Pembelajaran IPS, Berbasis Metode Inkuiri.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Erlya Wahyuni
Date Deposited: 17 Dec 2020 07:34
Last Modified: 17 Dec 2020 07:34
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/2232

Actions (login required)

View Item View Item