PENGARUH PENAMBAHAN EKSTRAK DAUN SUNGKAI (PERONEMA CANESCENS JACK) PADA PAKAN TERHADAP PERTUMBUHAN DAN KELANGSUNGAN HIDUP BENIH IKAN GARING (TOR TAMBROIDES).

hafis, hafis khair yulhari and Azrita, azrita (2024) PENGARUH PENAMBAHAN EKSTRAK DAUN SUNGKAI (PERONEMA CANESCENS JACK) PADA PAKAN TERHADAP PERTUMBUHAN DAN KELANGSUNGAN HIDUP BENIH IKAN GARING (TOR TAMBROIDES). Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
cofer to bab 1.pdf

Download (577kB)
[img] Text
bab V to dafpus.pdf

Download (36kB)
[img] Text
fulltext.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Ikan garing (Tor tambroides) adalah komoditas perikanan air tawar yang populer di Indonesia, dikenal karena kandungan nutrisi tinggi, terutama protein dan asam lemak omega. Permintaan pasar yang meningkat mendorong usaha budidaya, meskipun menghadapi kendala seperti pertumbuhan lambat dan kerentanan terhadap penyakit. Salah satu solusi yang dapat dilakukan adalah perbaikan kualitas pakan melalui penambahan bahan alami, seperti daun sungkai, yang mengandung senyawa bioaktif untuk meningkatkan pertumbuhan dan kesehatan ikan. Tujuan dilakukan penelitian ini untuk menganalisis pengaruh penambahan ekstrak daun sungkai pada pakan terhadap pertumbuhan dan kelangsungan hidup benih ikan garing. Metode penelitian yang digunakan yaitu eksperimen dengan Rancangan Acak Lengkap sebagai rancangan penelitian. Perlakuan pemberian pakan dengan penambahan ekstrak daun sungkai pada konsentrasi yang berbeda meliputi perlakuan A (kontrol), perlakuan B (0,15 gr/100 mL), perlakuan C (0,25 gr/100 mL), dan perlakuan D (0,35 gr/100 mL). Parameter yang diamati adalah kelangsungan hidup, pertumbuhan panjang mutlak, laju pertumbuhan spesifik, pertumbuhan berat mutlak, dan faktor kondisi relatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penambahan ekstrak daun sungkai pada pakan ikan garing memberikan pengaruh yang sangat signifikan dan perlakuan penelitian terbaik didapatkan pada perlakuan B (0,15 gr/100 mL). Hal ini ditandai dengan hasil yang diperoleh yaitu terhadap hasil kelangsungan hidup 98%, pertumbuhan panjang mutlak 5,50 cm, laju pertumbuhan spesifik 1,88%/hari, pertumbuhan berat mutlak 5,10 gr, faktor kondisi relatif 0,43, dan kualitas air yang masih dikategorikan layak untuk pertumbuhan ikan garing.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: S Agriculture > SH Aquaculture. Fisheries. Angling
Divisions: Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > Budidaya Perairan
Depositing User: BDP FPIK
Date Deposited: 06 Sep 2024 06:51
Last Modified: 06 Sep 2024 06:51
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/22495

Actions (login required)

View Item View Item