PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA FASE F ELEMEN UNDANG_UNDANG DASAR NEGARA REPUBLIK INDONESIA TAHUN 1945 BERBASIS PROBLEM SOLVING

Cici, Cici Novelia and Pebriyenni, Dra. Pebriyenni, M.Si (2024) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA FASE F ELEMEN UNDANG_UNDANG DASAR NEGARA REPUBLIK INDONESIA TAHUN 1945 BERBASIS PROBLEM SOLVING. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
File Skripsi i Cici Novelia.docx

Download (205kB)
[img] Text
File Skripsi kesimpulan dan saran Cici.docx

Download (20kB)
[img] Text
Skripsi Full Cici lst (1) (1).docx
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan penggunaan modul pembelajaran Pendidikan Pancasila Pada Fase F Elemen Undang-Undang Dasar Negara Reoublik Indonesia 1945 Berbasis Problem Solving di SMA Negeri 5 Padang. Jenis penelitian adalah penelitian pengembagan(R&D) menggunakan model pengembangan ADDIE. Rancangan kegiatan penelitian ini adalah pretest posttest. Pada design ini terdapat dua kelompok kelas yang menjadi sample yaitu pada fase F. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 60 orang siswa.Kelas Fase F7 merupakan kelas eksperimen yang diberikan perlakuan yaitu pembelajaran dengan menggunakan modul Pendidikan Pancasila berbasis Problem Solving.Fase F 5 merupakan kelas kontrol yang tidak diberikan perlakuan.Berdasarkan kategori pembagian N-Gain persen didapatkan nilai rata-rata antara pretest dan posttest kelas eksperimen sebesar 70% dengan kategori cukup efektif.N-Gain persen pada kelas kontrol sebesar 42% pada kategori kurang efektif.Dengan demikian, dilihat dari N-Gain persen pada kelas eksperimen penggunaan modul pembelajaran Pendidikan Pancasila berbasis Problem Solving cukup efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa.Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan modul pembelajaran Pendidikan Pancasila berbasis Problem Solving cukup efektif untuk meningkatkan hasil belajar Pendidikan Pancasila di SMA Negeri 5 Padang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Depositing User: PPKn FKIP
Date Deposited: 06 Sep 2024 06:34
Last Modified: 06 Sep 2024 06:34
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/22506

Actions (login required)

View Item View Item