Analisa Perencanaan Pemakaian Alat Berat Pada Proyek Pembangunan Jalan Tol Ruas Sigli-Banda Aceh Seksi I Padang Tiji-Seulimeum

Azzhara, Fatimah and WARDI, WARDI (2024) Analisa Perencanaan Pemakaian Alat Berat Pada Proyek Pembangunan Jalan Tol Ruas Sigli-Banda Aceh Seksi I Padang Tiji-Seulimeum. Diploma thesis, Universita Bung Hatta.

[img] Text
COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Kesimpulan,saran,lampiran.pdf

Download (372kB)
[img] Text
Full text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Pembangunan jalan tol merupakan proyek infrastruktur yang membutuhkan penggunaan alat berat secara intensif. Perencanaan yang tepat dalam pemilihan dan penggunaan alat berat sangat penting untuk memastikan efisiensi dan efektivitas proyek. Penelitian ini berfokus pada analisa perencanaan pemakaian alat berat pada proyek pembangunan Jalan Tol Ruas Sigli-Banda Aceh Seksi I Padang Tiji Seulimeum. Jenis pekerjaan meliputi pembersihan lahan, galian tanah, timbunan tanah, persiapan tanah dasar, lapis pondasi agregat kelas A (Base A), dan pekerjaan rigid paverment, Alat berat yang digunakan sesuai dengan fungsinya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kebutuhan Alat Berat: Jumlah alat berat yang dibutuhkan untuk setiap jenis pekerjaan dihitung berdasarkan volume pekerjaan, kapasitas alat, dan waktu pelaksanaan pekerjaan, lama Waktu Pekerjaan: Lama waktu pekerjaan dihitung berdasarkan jumlah alat berat yang digunakan, kapasitas produksi alat, dan volume pekerjaan, biaya operasional: Biaya operasional alat berat dihitung berdasarkan jenis alat, kapasitas alat, dan waktu penggunaan alat. Kata Kunci: Alat Berat, Jalan Tol, Produktifitas, Kebutuhan alat, Biaya Operasional.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan > Teknik Sipil
Depositing User: Teknik Sipil FTSP
Date Deposited: 06 Sep 2024 08:27
Last Modified: 06 Sep 2024 08:27
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/22538

Actions (login required)

View Item View Item