PENGARUH SUBTITUSI FLY ASH BATUBARA SEBAGAI FILLER PADA CAMPURAN ASPAL BETON JENIS ASPHALT-CONCRETE BINDER COURSE (AC-BC)

HASAN, ASHARI and Veronika, Veronika (2024) PENGARUH SUBTITUSI FLY ASH BATUBARA SEBAGAI FILLER PADA CAMPURAN ASPAL BETON JENIS ASPHALT-CONCRETE BINDER COURSE (AC-BC). Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
COVER HALAMAN PENGESAHAN-PERSETUJUAN ABSTRAK DAFTAR ISI DAN BAB PENDAHULUAN.pdf

Download (5MB)
[img] Text
BAB KESIMPULAN SARAN DAN DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (127kB)
[img] Text
FULLTEKS SKRIPSI .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

Lapisan aspal beton (Laston) / Asphalt Concrete (AC) sebagai bahan untuk konstuksi jalan sudah lama dikenal dan digunakan secara luas dalam pembuatan jalan di Indonesia. Penggunaanya pun dari tahun ke tahun semakin meningkat. Hal ini disebabkan perkerasan aspal memiliki kelebihan yaitu, harga yang relatif murah dibanding perkerasan beton, kemampuan dalam mendukung beban kendaraan yang tinggi dan mempunyai ketahanan yang baik terhadap cuaca. Maka dari itu untuk lebih meminimalisir biaya perkerasan, digunakan alternatif teknologi yang inovatif dengan memanfaatkan limbah fly ash batubara yang jarang digunakan dengan komposisi tertentu, agar dapat meningkatkan kualitas pembangunan jalan raya di Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan aspal optimum (KAO) dan mengetahui persentase berapa pengaruh subtitusi fly ash batubara sebagai filler terhadap nilai karakteristik marshall pada campuran AC-BC dievaluasi menggunakan metode parameter marshall. Pada penelitian ini menggunakan fly ash batubara sebagai filler subsitusi semen dalam campuran AC-BC dengan analisis kinerja berdasarkan nilai parameter marshall. Belrdasarkan hasil pelnellitian pelngarulh sulbstitulsi limbah fly ash batulbara selbagai fillelr campulran AC-BC dengan variasi 0%, 25%, 50%, 75%, dan 100%, didapatkan kelsimpullan bahwa Dari hasil pelnguljian Marshall belnda ulji KAO dipelrolelh nilai karaktelristik Marshall delnsity 2,238 kg/mm, stabilitas 1.382 Kg, kelelelhan (flow) 4,11 mm, rongga dalam agrelgat (VMA) 14,7%, rongga telrisi aspal (VFB) 65,4%, rongga dalam campulran (VIM) 5,3%, Marshall Qulotielnt 371 kg/mm. Jadi dapat disimpullkan bahwa kadar aspal optimulm yang melmelnulhi spelsifikasi karaktelristik Marshall belrada pada kadar aspal 5,7 % ulntulk melrelncanakan campulran AC-BC dan Dari kellima variasi yang diulji, pada variasi kadar fillelr (50% fly ash batulbara dan 50% selmeln) selmula nilai karaktelristik Marshall melmelnulhi spelsifikasi mullai dari delnsity, VMA, VIM, VFA, stabilitas, flow, dan MQ.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan > Teknik Sipil
Depositing User: Teknik Sipil FTSP
Date Deposited: 06 Sep 2024 08:29
Last Modified: 06 Sep 2024 08:29
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/22542

Actions (login required)

View Item View Item