PREVALENSI DAN INTENSITAS EKTOPARASIT PADA IKAN KOI (Cyprinus rubrofuscus) DI UNIT PELAKSANA TEKNIS DINAS BALAI BENIH IKAN BUNGUS KOTA PADANG

Natalia, Putri and Abdullah, Munzir (2024) PREVALENSI DAN INTENSITAS EKTOPARASIT PADA IKAN KOI (Cyprinus rubrofuscus) DI UNIT PELAKSANA TEKNIS DINAS BALAI BENIH IKAN BUNGUS KOTA PADANG. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
i.COVER,HALAMAN PENGESAHAN PERSETUJUAN,ABSTRAK,DAFTAR ISI dan BAB PENDAHULUAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ii.BAB KESIMPULAN SARAN DAN DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (96kB)
[img] Text
FULLTEKS SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Komoditas ikan koi (Cyprinus rubrofuscus) memiliki prospek usaha yang dapat dikembangkan melalui kegiatan budidaya di kolam, namun dalam budidaya sering ditemukan kendala-kendala yang dihadapi dan sulit untuk dikendalikan. Salah satu kendala tersebut adalah penyakit yang disebabkan oleh parasit. Parasit yang sering menyerang ikan koi adalah ektoparasit, di mana wabah penyakit ektoparasit ini dapat menyebabkan ancaman serangan parasit pada ikan koi dapat menyebabkan kerugian usaha budidaya Dari informasi di lapangan pada Unit Pelaksana Teknis Dinas Balai Benih Ikan Bungus (UPTD BBI) Kota Padang terdapat indikasi kemungkinan serangan ektoparasit terhadap ikan koi yang dibudidayakan pada fasilitas UPTD BBI tersebut. Sementara itu, sejauh ini belum tersedia hasil penelitian tentang gangguan ektoparasit pada budidaya ikan koi (Cyprinus rubrofuscus) di Kota Padang. Tujuan dilakukan penelitian yaitu untuk menganalisis jenis-jenis ektoparasit yang menyerang ikan koi (Cyprinus rubrofuscus) dan menganalisis prevalensi dan intensitas serangan ektoparasit pada ikan koi (Cyprinus rubrofuscus) di (UPTD BBI) Bungus, Kota Padang. Adapun manfaat dari penelitian ini adalah diharapkan dapat memberikan informasi kepada masyarakat tentang keberadaan parasit, tingkat prevalensi parasit, dan intensitas parasit yang terdapat pada ikan koi (Cyprinus rubrofuscus) serta hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai acuan dalam pengambilan kebijakan pengelolaan sumberdaya perikanan. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Mei 2024. Pemeriksaan Laboratorium dilaksanakan pada Laboratorium Universitas Bung Hatta. Metode penelitian yang digunakan yaitu dengan menganalisis prevalensi dan menganalisis intensitas. Hasil penelitian didapatkan dua jenis ektoparasit yang menyerang ikan koi pada kolam UPTD Bungus Teluk Kabung yaitu pada dua bentuk kolam yaitu ektoparasit Argulus sp pada kolam tanah dan Paramecium sp pada kolam beton. Nilai prevalensi tertinggi yaitu sebesar 100% ditemukan pada ikan koi dari kolam tanah, nilai prevalensi terendah yaitu sebesar 33,3% dari sampel ikan koi dari kolam beton. Nilai intensitas yang tertinggi ditemukan yaitu sebesar 1 (ind/ekor) ditemukan pada sampel ikan koi dari kolam beton, sedangkan nilai intensitas terendah sebesar 0,33 (ind/ekor) ditemukan pada sampel ikan koi dari kolam tanah. Dari empat parameter kualitas air yang diamati, secara keseluruhan parameter kualitas air yang sesuai dengan baku mutu air kelas II pada PP nomor S82 tahun 2001 yaitu suhu = 28,50-29,00 ºC, pH = 6,37-5,80, dan DO = 5,91-5,80 mg/L. Sedangkan nilai ammoniak = 0,96-0,085 mg/L lebih besar nilai baku mutu air untuk budidaya perairan menurut PP No. 82 Tahun 2001 yaitu ≤0.02 mg/L.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: S Agriculture > SH Aquaculture. Fisheries. Angling
Divisions: Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > Budidaya Perairan
Depositing User: BDP FPIK
Date Deposited: 06 Sep 2024 09:27
Last Modified: 06 Sep 2024 09:27
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/22563

Actions (login required)

View Item View Item