Zilvi, Nira Walda and enjoni, enjoni (2024) PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPAS MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DI KELAS IV SD NEGERI 132/III AMBAI BAWAH KABUPATEN KERINCI PROVINSI JAMBI. Diploma thesis, Universitas Bung Harra.
Text
COVER, HALAMAN PENGESAHAN PERSETUJUAN, ABSTRAK, DAFTAR ISI dan BAB PENDAHULUAN.pdf Download (554kB) |
|
Text
BAB KESIMPULAN SARAN DAN DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (214kB) |
|
Text
FULL TEKS SKRIPSI ZILVI NIRA WALDA 20-161.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan apakah terdapat peningkatan hasil belajar kognitif siswa dalam pembelajaran IPAS dengan menggunkan model pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Teams Achievement Divisions) di kelas IV SD Negeri 132/III Ambai Bawah Kabupaten Kerinci, Provinsi Jambi. Jenis penelitian yang dipakai dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV yang berjumlah 19 orang. Penelitian ini dilaksanakan pada semester II tahun ajaran 2024/2025. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi aktivitas guru dan tes hasil belajar. Berdasarkan hasil belajar yang telah dilaksanakan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Teams Achievement Divisions) terdapat peningkatan aktivitas guru dan hasil belajar. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan rata-rata persentase siklus 1 bahwa analisis lembar observasi aktivitas guru pada siklus I adalah 65,6% sedangkan pada siklus II adalah 87,4%. Persentase ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus I adalah 57,8% dengan nilai rata-rata 67,3 meningkat pada siklus II menjadi 77% dengan nilai rata-rata 78,9. Disamping itu persentase siswa yang tuntas pada siklus 1 ada 11 siswa (57,8%), sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 16 siswa (78,9%). Hal ini berarti pelaksanaan pembelajaran IPA dengan menggunakan model pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Teams Achievement Divisions) telah terlaksana dengan baik dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 132/III Ambai Bawah Kabupaten Kerinci, Provinsi Jambi. Dari hasil yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan pembelajaran IPAS menggunakan model pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Teams Achievement Divisions) dapat dijadikan salah satu alternatif variasi untuk menciptakan suasana pembelajaran yang sangat menyenangkan bagi peserta didik.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | PGSD FKIP |
Date Deposited: | 09 Sep 2024 02:09 |
Last Modified: | 09 Sep 2024 02:09 |
URI: | http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/22579 |
Actions (login required)
View Item |