PENGARUH AKUNTANSI LINGKUNGAN TERHADAP KINERJA KEUANGAN (Studi Empiris pada Perusahaan Energi yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode tahun 2021-2023)

Riyan, Iswara and Ethika, Ethika (2024) PENGARUH AKUNTANSI LINGKUNGAN TERHADAP KINERJA KEUANGAN (Studi Empiris pada Perusahaan Energi yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode tahun 2021-2023). Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
COVER DLL.pdf

Download (506kB)
[img] Text
BAB PENDAHULUAN.pdf

Download (170kB)
[img] Text
BAB PENUTUP.pdf

Download (159kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (225kB)
[img] Text
FULLTEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (959kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh akuntansi lingkungan terhadap kinerja keuangan pada perusahaan sektor energi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) selama periode 2021-2023. Penelitian ini menggunakan metode purposive sampling dan mengumpulkan sampel sebanyak 22 perusahaan sektor energi. Data yang digunakan merupakan data sekunder yang diperoleh dari situs resmi BEI (www.idx.co.id) dan diolah menggunakan software Eviews 12. Analisis data dilakukan melalui statistik deskriptif, uji asumsi klasik, uji regresi linier berganda, dan pengujian hipotesis. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa Biaya Remediasi Lingkungan dan Pengendalian Pencemaran memiliki pengaruh positif terhadap Kinerja Keuangan perusahaan. Namun, Biaya Sumbangan dan Kontribusi Amal tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap Kinerja Keuangan. Temuan ini mengindikasikan bahwa investasi dalam aspek-aspek lingkungan tertentu dapat berkontribusi pada peningkatan kinerja keuangan perusahaan sektor energi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Akuntansi FEB
Date Deposited: 09 Sep 2024 01:13
Last Modified: 09 Sep 2024 01:13
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/22627

Actions (login required)

View Item View Item