PENGARUH PENERAPAN MODEL THINK PAIR SHARE DISERTAI DENGAN GAME TRUTH OR DARE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA INFORMATIKA DIKELAS XI SMA N 7 PADANG

Miranda, Irvia and Ashabul, Khairi (2024) PENGARUH PENERAPAN MODEL THINK PAIR SHARE DISERTAI DENGAN GAME TRUTH OR DARE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA INFORMATIKA DIKELAS XI SMA N 7 PADANG. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img]
Preview
Text
COVER Sampai BAB 1.pdf

Download (989kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V Sampau Dapus.pdf

Download (160kB) | Preview
[img] Text
Repostory SKRIPSI Miranda Irvia.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Setelah peneliti melakukan observasi di SMA N 7 Padang, ditemukan beberapa permasalahan diantaranya proses pembelajarannya masih menggunakan metode konvensional, dimana pendidik lebih banyak mendiktekan materi pelajaran peserta didik. Dengan metode pembelajaran kovensional tersebut membuat semangat serta keaktifan peserta didik menjadi berkurang. Cara belajar seperti ini mengakibatkan rendahnya hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran informatika. Hal ini terlihat dari nilai Mid peserta didik kelas XI SMA N 7 Padang tahun ajaran 2024/2025. Tujuan dalam penelitian ini adalah mengetahui hasil belajar peserta didik dengan menerapkan model pembelajaran Think Pair Share disertai dengan game Truth Or Dare lebih baik dari pada pembelajaran Konvensional. Hipotesis dalam penelitian ini adalah hasil belajar peserta didik SMA N 7 Padang dengan menerapkan model pembelajaran Think Pair Share disertai dengan game Truth Or Dare lebih baik dari pembelajaran konvensional sebelumnya. Jenis penelitian yang dilakukan adalah metode eksperimen (True Experimental Design). Populasi penelitian adalah semua peserta didik kelas XI SMA N 7 Padang yang terdiri dari empat kelas sebanyak 144 orang, pengambilan sampel secara random sampling, setelah memenuhi tiga syarat mulai dari populasi berdistribusi normal, bervariansi homogen dan mempunyai kesamaan rata-rata terpenuhi maka peneliti memilih kelas XI F7 sebagai kelas esksperimen dan kelas XI F10 sebagai kelas kontrol. Pengujian hipotesis dilakukan dengan uji perbedaan rata – rata pada taraf kepercayaan α = 0,05. Dari tabel kedua diperoleh nilai sig = 0,000 > 0,05 pada Levene’s Test yang berarti bahwa data homogen. Dari uji T – Independent diperoleh Sign 0,00 lebih kecil dari 0,05 maka H_0 ditolak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil belajar perbaikan peserta didik dengan menggunakan model pembelajaran Think Pair Share disertai dengan game Truth Or Dare lebih baik dari hasil belajar perbaikan menggunakan pembelajaran konvensional pada pembelajaran Informatika peserta didik kelas XI SMA N 7 Padang

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Teknologi Informasi dan Komputer
Depositing User: PTIK FKIP
Date Deposited: 09 Sep 2024 07:02
Last Modified: 09 Sep 2024 07:02
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/22715

Actions (login required)

View Item View Item