PENGGUNAAN MAJAS PERBANDINGAN DAN PENEGASAN PADA IKLAN AKUN SELEBGRAM ASAL SUMATERA BARAT

Siti, Nuranizah and Ineng, Naini (2014) PENGGUNAAN MAJAS PERBANDINGAN DAN PENEGASAN PADA IKLAN AKUN SELEBGRAM ASAL SUMATERA BARAT. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
file 1(COVER, HALAMAN PENGESAHAN, ABSTRAK, DAFTAR ISI, DAN BAB PENDAHULUAN)..pdf

Download (686kB)
[img] Text
FILE 2(BAB KESIMPULAN, SARAN, DAN DAFTAR PUSTAKA).pdf

Download (304kB)
[img] Text
skripsi hasil (ani).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan penggunaan majas perbandingan dan penegasan pada iklan akun selebgram asal Sumatera Barat. Teori yang dijadikan acuan pada penelitian ini adalah Gorys Keraf (2009). Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode deksriptif. Data penelitian ini adalah ungkapan ataupun kalimat-kalimat iklan yang dirumuskan sebagai majas perbandingan dan penegasan yang meliputi metafora, personifikasi, simile, metonimia, alusio (majas perbandingan), dan hiperbola, antiklimaks, erotesis, pleonasme, repetisi, elipsis, eufemisme, koreksio (penegasan). Sumber data dalam penelitian ini adalah promosi barang ataupun jasa oleh tokoh terkenal melalui media sosial (endorse). Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tahap, (1) menyaksikan iklan-iklan yang diposting atau diunggah pada cerita instagram oleh akun mereka yang terkenal melalui media sosial instagram (selebgram), (2) memilah iklan yang diunduh atau disimpan, (3) setelah mengumpulkan iklan, peneliti mencermati penggunaan majas perbandingan dan penegasan. Berdasarkan analisis data dan pembahasan, ditemukan hal-hal berikut. Pertama, bentuk ungkapan jenis majas perbandingan oleh akun selebgram, dengan jumlah ungkapan 5 jenis majas, dan presentase tertinggi adalah gaya bahasa metafora 13 ungkapan sedangkan personifikasi 16 ungkapan, sehingga jumlah secara keseluruhan (42%). Bentuk ungkapan jenis majas penegasan oleh akun selebgram, ditemukan majas penegasan dengan jumlah ungkapan 8 jenis majas, dan presentase tertinggi adalah gaya bahasa hiperbola 13 ungkapan sedangkan repetisi 21 ungkapan, sehingga jumlah keseluruhan (48%). Kedua,analisis makna yang digunakan oleh akun selebgram yang bertujuan untuk menimbulkan efek terhadap orang banyak. Ketiga, majas perbandingan dan penegasan dari analisis fungsinya upaya menjelaskan sebuah maksud dari iklan yang dipromosikan. Kata kunci : ungkapan jenis majas, makna, fungsi

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: PINDO FKIP
Date Deposited: 09 Sep 2024 07:59
Last Modified: 09 Sep 2024 07:59
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/22730

Actions (login required)

View Item View Item