“EFISIENSI MENGGUNAKAN TEKNOLOGI BUILDING INFORMATION MODELLING (BIM) DENGAN AUTODESK REVIT DALAM PEKERJAAN RUSUN KEJAKSAAN TINGGI SUMATERA BARAT”

Harzil, Fardha Masri and Rita, Anggraini (2024) “EFISIENSI MENGGUNAKAN TEKNOLOGI BUILDING INFORMATION MODELLING (BIM) DENGAN AUTODESK REVIT DALAM PEKERJAAN RUSUN KEJAKSAAN TINGGI SUMATERA BARAT”. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
COVER, HAL PENGESAHAN, ABSTRACT, DAFTAR ISI.pdf

Download (3MB)
[img] Text
BAB PENDAHULUAN.pdf

Download (5MB)
[img] Text
BAB KESIMPULAN DAN SARAN.pdf

Download (608kB)
[img] Text
FULL TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (15MB)

Abstract

Perkembangan konstruksi di Indonesia semakin meningkat tiap tahunnya dibuktikan dengan semakin banyaknya pembangunan infrastruktur. Building Information Modelling (BIM) sebagai alat bantu yang digunakan untuk mempermudah dan juga bertujuan untuk meminimalisir penyimpangan yang terjadi. Pada penelitian kali ini akan menggunakan program Autodesk yaitu Autodesk Revit sebagai perangkat lunaknya. Revit selain menghasilkan suatu perbandingan antara kebutuhan volume berdasarkan gambar DED (Detail Engineering Detail) dan disesuaikan dengan item pembayaran dalam Bill of Quantity (BOQ) juga dapat menghasilkan gambar 2D untuk pelaksanaan di lapangan serta visualisasi 3D. Output revit yang berupa volume dibandingkan dengan pengolahan data perhitungan menggunakan Perhitungan Manual pada Proyek Pembangunan Rusun Kejaksaan Tinggi Sumatera Barat. Selanjutnya volume dari metode BIM dan Perhitungan Manual dihitung rencana anggaran proyeknya yang kemudian biaya metode BIM dibandingkan dengan biaya perhitungan manual. Penelitian ini menghasilkan kesimpulan penggunaan BIM lebih efisien dibandingkan menggunakan metode perhitungan manual 1,98 - 5,23% untuk penulangan, 0-11,12% untuk Beton, dan efisiensi biaya sebesar Rp. 101.333.023,21.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan > Teknik Sipil
Depositing User: Teknik Sipil FTSP
Date Deposited: 09 Sep 2024 09:05
Last Modified: 09 Sep 2024 09:05
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/22737

Actions (login required)

View Item View Item