PENGARUH KARAKTERISTIK PEKERJAAN, PRAKTEK SUMBER DAYA MANUSIA DAN PEMBERDAYAAN PSIKOLOGIS TERHADAP KEPUASAN KERJA DENGAN KETERLIBATAN PEGAWAI SEBAGAI VARIABEL MEDIASI (STUDI KASUS PADA DIREKTORAT JENDERAL PERHUBUNGAN LAUT SATUAN KERJA SUMATERA BARAT)

Sandi, Cokes Putra and AKMAL, AKMAL and Sefnedi, Sefnedi (2024) PENGARUH KARAKTERISTIK PEKERJAAN, PRAKTEK SUMBER DAYA MANUSIA DAN PEMBERDAYAAN PSIKOLOGIS TERHADAP KEPUASAN KERJA DENGAN KETERLIBATAN PEGAWAI SEBAGAI VARIABEL MEDIASI (STUDI KASUS PADA DIREKTORAT JENDERAL PERHUBUNGAN LAUT SATUAN KERJA SUMATERA BARAT). Masters thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
I.pdf

Download (594kB)
[img] Text
II.pdf

Download (324kB)
[img] Text
SANDI COKES PUTRA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

kepuasan kerja dapat didefinisikan sebagai perasaan emosional yang menyenangkan dan juga dapat dihasilkan dari penilaian kerja seseorang. Kepuasan pada dasarnya merupakan sebuah persepsi dimana karyawan terhadap pekerjaannya merasa suka dan senang sehingga kepuasan akan meningkat dalam pekerjaannya. Hal ini merupakan faktor yang penting dimana perasaan karyawan terhadap pekerjaannya dalam membantu perusahaan mencapai tujuan dari perusahaan tempat mereka bekerja. Selain itu pentingnya menjamin tingkat kepuasan kerja pegawai adalah dengan meningkatkan pengelolaan praktek sumber daya manusia yang mana hal ini menjadi peranan penting dalam proses memaksimalkan sumber daya manusia dalam mencapai tujuan organisasi. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan tentang Pengaruh Karakteristik Pekerjaan, Praktek SDM dan Pemberdayaan Psikologis dan Peran Pemediasi Keterlibatan Pegawai terhadap Kepuasan Kerja Karyawan pada Direktorat Jendral Perhubungan Laut Satuan Kerja Sumatera Barat. Metode penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif dengan pengumpulan data menggunakan kuesioner. Kuesioner didistribusikan kepada 115 orang pegawai ASN pada kantor Direktorat Jendral Perhubungan Laut Satuan Kerja Sumatera Barat. Selanjutnya, data diolah menggunakan model Measurent Model Assessment (MMA) berbasis SmartPLS v.3. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa karakteristik pekerjaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan kerja, praktek sumber daya manusia tidak berpengaruh terhadap kepuasan kerja, pemberdayaan psikologis berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan kerja, karakteristik pekerjaan tidak berpengaruh terhadap keterlibatan pegawai, praktek sumber daya manusia berpengaruh positif dan signifikan terhadap keterlibatan pegawai, pemberdayaan psikologis berpengaruh positif dan signifikan terhadap keterlibatan pegawai, keterlibatan pegawai berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan kerja. Kata kunci: Karakteristik Pekerjaan, Praktek Sumber Daya Manusia, Pemberdayaan Psikologis, Kepuasan Kerja, Keterlibatan Pegawai

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Program Pascasarjana > Manajemen
Depositing User: Manajemen Magister
Date Deposited: 10 Sep 2024 02:45
Last Modified: 10 Sep 2024 02:45
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/22788

Actions (login required)

View Item View Item